Pelita Samudera Gaet Utang Rp 294 Miliar untuk Tambah Armada Kapal

Image title
25 Februari 2019, 15:04
MT Sanggau
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi kapal cargo.

PT Pelita Samudera Shipping Tbk. (PSS) akan segera menambah armada kapal baru dengan membeli kapal general cargo bernama MV Maritime Setoshio yang memiliki kapasitas 30.812 gross tonnage (GT). Kepala Hubungan Investor Pelita Samudera Shipping Adi Hartadi mengatakan, untuk membiayai belanja modal atau capital expenditure (capex) tersebut, PSS telah mendapatkan fasilitas pinjaman dari ICICI Bank Singapura.

"Sebagian besar pendanaan yang dibutuhkan untuk berasal dari pinjaman ICICI Bank Singapura, jumlahnya sampai US$21 juta (Rp294 miliar, kurs Rp14.000/dolar), ada fasilitas derivatif US$1,5 juta untuk lindung nilai (hedging) . Pinjaman ICICI Bank tersebut memiliki tenor 69 bulan, atau 5 tahun 9 bulan," terang Adi di Grand Melia, Jakarta, Senin (25/2).

Advertisement

Adi menjelaskan, kapal yang akan dibeli tersebut bernilai jual-beli US$9,67 juta atau sekitar Rp135 miliar, yang 90%-nya akan dibiayai dari pinjaman tersebut. Sedangkan 10% sisanya menggunakan kas perusahaan. Pembayaran 10% tersebut sudah dilakukan oleh PSS, sedangkan sisanya bakal dibayarkan pada saat kapal diserahterimakan.

Ada pun, dari nilai pinjaman sebesar US$21 juta, sisa dari pembelian kapal akan digunakan PSS untuk pengembangan armada mereka dengan tetap mempertimbangkan kondisi pasar dan ketersediaan kapal yang ingin mereka beli. "Sengan US$21 juta, artinya kami bisa memanfaatkan sampai dengan jumlah tersebut sesuai dengan kebutuhan," kata Adi.

(Baca: Pasca IPO Armada Berjaya Trans Tetapkan Target Ambisius Tumbuh 300%)

Serah-terima kapal tersebut recananya akan dilaksanakan sebelum akhir bulan Februari ini, paling cepat tanggal 27 Februari mendatang bisa dimiliki oleh PSS. Sebelumnya, pada 15 Februari lalu, mereka telah melakukan perjanjian jual-beli dengan Setoshio Navigation Company Incorporated of Marshal Islands sebagai awal pembelian kapal. Adi menjelaskan, tujuan dari pembelian kapal berjenis general cargo ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja perusahaan dan menambah pendapatan usaha perusahaan.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement