Yakini Pasar Lebih baik, 5 Perusahaan Siap Melantai di Bursa Tahun Ini

Image title
25 Februari 2019, 18:13
Bursa
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Ilustrasi

PT Bahana Sekuritas mengungkapkan bahwa dalam pipeline mereka setidaknya ada tiga perusahaan yang akan melakukan penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO) pada semester I tahun ini. Selain itu, di dalam pipeline mereka juga terdapat setidaknya 5 perusahaan yang akan mencari dana melalui penerbitan obligasi. 

Direktur Investment Banking Bahana Sekuritas Nelwin Aldriansyah mengungkapkan, target perolehan dana kelima perusahaan tersebut mencapai Rp5 triliun. Dia optimis minat perusahaan untuk mencari pendanaan di pasar modal bisa tumbuh di tahun ini karena kondisi pasar yang lebih baik dibandingkan 2018.

Menurut Nelwin, pasar keuangan dalam negeri mengalami tekanan sejak awal tahun lalu. Namun, memasuki November 2018, mulai terlihat arus dana masuk kembali ke pasar saham maupun obligasi. Perusahaan semakin yakin untuk kembali masuk mencari pendanaan di pasar saham dan obligasi karena indeks saham yang lebih baik.

"Minat korporasi untuk menerbitkan saham maupun mencari pendanaan melalui obligasi jauh lebih ramai tahun ini, dibanding tahun lalu. Tapi investor semakin selektif dalam mengoleksi saham perdana," katanya dalam keterangan tertulis, Senin (25/2).

(Baca: Pelita Samudera Gaet Utang Rp 294 Miliar untuk Tambah Armada Kapal)

Arus masuk tersebut masih terus berlanjut hingga saat ini, meski dalam beberapa hari terakhir terjadi sedikit koreksi. Penyebabnya karena berbagai data dari pasar global, seperti perekonomian Amerika Serikat (AS) dan Eropa yang diperkirakan tidak sebaik perkiraan. Lalu, kondisi perekonomian Jepang yang diperkirakan juga mengalami tekanan.

Masuknya kembali investor ke pasar keuangan Indonesia, selain karena faktor global, tentunya tidak terlepas karena dukungan perekonomian domestik yang diperkirakan akan lebih baik dibanding tahun lalu. Setelah Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan pertumbuhan ekonomi sepanjang 2018 mampu tumbuh sbesar 5,17% yang pertumbuhan tertinggi sejak 2014.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...