Bahas Kesejahteraan dan Investasi, Ini Jadwal Debat Akhir Pilpres 2019

Dimas Jarot Bayu
26 Februari 2019, 20:59
Debat Capres II
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Capres nomor urut 01 Joko Widodo (kedua kiri) dan Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (kanan) saling memberi salam seusai debat Pilpres 2019 Minggu (17/2/2019). Debat itu mengangkat tema energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) memutuskan debat kelima atau terakhir Pilpres 2019 akan dilaksanakan pada 13 April. Ini artinya, debat tersebut digelar sehari sebelum masa tenang pada 14-16 April. Debat bakal mengusung tema ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi, serta perdagangan dan industri.

Keputusan mengenai jadwal debat Pilpres 2019 diambil melalui mekanisme undian oleh KPU yang disaksikan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma'ruf Amin, dan Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto-Sandiaga Uno pada Selasa (26/2). Debat akan digelar di Hotel Sultan, Jakarta.

(Baca: Ditjen Pajak Persilakan Capres yang Mau Ungkap SPT Pajak ke Publik)

Debat terakhir akan dilakukan antarpasangan calon, yakni Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga. Ketua KPU Arief Budiman meminta adanya kedewasaan dari semua pihak dalam menyikapi hasil debat kelima mendatang sehingga tidak mengusik masa tenang dan Pilpres 2019 bisa berjalan lancar.

"Perlu kedewasaan dari kita semua, penyelenggara Pemilu, peserta Pemilu, termasuk pemilih," kata Arief di kantornya, Jakarta, Selasa (26/2).

(Baca: Akomodir Pemilih Tambahan, KPU Tunggu Lampu Hijau Pemerintah dan DPR)

Meski begitu, ia meyakini masa tenang tidak akan terusik. Sebab, semua pihak bakal sibuk. Tim sukses masing-masing pasangan calon akan mempersiapkan diri untuk pemungutan suara. Selain itu, membersihkan semua alat peraga kampanye yang dipasang.

Sementara itu, KPU akan lebih berkonsentrasi mempersiapkan hari pemungutan suara pada 17 April. "Misalnya memastikan distribusi logistiknya siap, memastikan bahwa Kelompok Panitia Pemungutan Suaranya siap semua," kata dia. Di sisi lain, pemilih akan merenung sebelum menentukan pasangan calon yang akan dipilih.

Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...