Sri Mulyani: APBN Mampu Realisasikan Janji Jokowi Tingkatkan Dana Desa

Dimas Jarot Bayu
26 Februari 2019, 19:45
Menteri Keuangan Sri Mulyani
ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI
Menteri Keuangan Sri Mulyani menilai APBN mampu mendukung janji calon presiden petahana Joko Widodo untuk meningkatkan dana desa hingga Rp 400 triliun pada 2024.

Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dinilai mampu mendukung janji calon presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) untuk meningkatkan dana desa hingga Rp 400 triliun pada 2024. Pasalnya, target dana desa tersebut dihitung dari akumulasi alokasi anggaran dana desa dalam lima tahun ke depan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, setiap tahun APBN meningkat. Dalam APBN 2019, pendapatan negara ditetapkan sebesar Rp 2.165,1 triliun, naik 13,76% dibandingkan proyeksi realisasi 2018 yang sebesar Rp 1.903 triliun. Sementara itu, belanja negara ditargetkan sebesar Rp 2.461,1 triliun, naik 11% dibandingkan proyeksi realisasi tahun ini Rp 2.217,2 triliun.

Selain itu, janji tersebut memungkinkan karena dihitung dari akumulasi alokasi anggaran dana desa. Pada 2019, pemerintah menargetkan penyaluran dana desa sebesar Rp 257 triliun.

Angka ini meningkat dari realisasi penyaluran dana desa pada 2018 yang mencapai Rp 187 triliun. "Menurut saya itu dimulainya dari Undang-Undang Desa, itu masih mungkin untuk bisa dipenuhi," kata Sri Mulyani di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (26/2).

Selain peningkatan dana desa, Jokowi juga berjanji memberikan Kartu Sembako, Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, dan Kartu Pra-kerja jika terpilih kembali di Pilpres 2019. Menurut Sri Mulyani, penyaluran ketiga kartu itu akan tetap memanfaatkan APBN.

Hanya saja, desain penyalurannya tetap akan dibahas bersama DPR dalam penyusunan APBN tahun depan. Sebab, ketiga kartu tersebut bakal berhubungan dengan program-program bantuan sosial pemerintah lainnya. "Itu pakai APBN namun desainnya kan nanti akan dibahas," kata Sri Mulyani.

(Baca: Bansos Mengalir Kencang Jelang Pilpres, Pengawasan Perlu Diperketat)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...