Didera Aksi Ambil Untung Investor IHSG Ditutup Turun 0,18%

Happy Fajrian
4 Maret 2019, 20:05
Bursa Efek Indonesia (BEI)
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA

Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup dengan koreksi sebesar 0,18% ke level 6.488,42 pada Senin (4/3) sore, di tengah bursa saham Asia yang mayoritas bergerak naik.

Kinerja bursa saham di Asia hari ini dipimpin oleh indeks Shanghai yang naik 1,12%, diikuti Nikkei dengan kenaikan sebesar 1,02%, kemudian Strait Times naik 0,95%, Hang seng naik 0,51%, dan PSEi naik 0,44%. Sedangkan indeks yang terkoreksi selain IHSG yaitu Kospi sebesar 0,44%, dan KLCI sebesar 0,4%.

Advertisement

IHSG mengawali perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) pagi ini dengan bergerak naik 0,12% ke level 6.508,26, dan terus memperkuat laju kenaikannya hingga ke level tertingginya hari ini 6.537,23 atau naik 0,57%. Namun setelah itu IHSG terus bergerak turun hingga pada akhir sesi I IHSG berakhir di zona merah terkoreksi 0,06%.

Pada sesi II IHSG bergerak relatif mendatar, namun lebih banyak berada di zona merah dan hanya sesekali naik ke zona hijau. Menjelang akhir sesi II, aksi jual yang dilakukan investor menekan IHSG turun hingga berakhir dengan koreksi sebesar 0,18%.

(Baca: IHSG Awal Pekan Dibuka Naik, Ditopang Saham Sektor Konsumer)

Analis Binaartha Sekuritas M Nafan Aji Gusta Utama mengatakan, sebenarnya pergerakan IHSG mayoritas berada di zona positif. Hal ini mengingat sentimen perang dagang yang mereda menjadi sentimen positif di pasar. "Inflasi di tanah air juga tergolong stabil. Aksi profit taking yang menyebabkan IHSG ditutup di zona negatif," ujar Nafan, di Jakarta, Senin (4/3).

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement