IHSG Pekan Ini Diprediksi Naik Ditopang Rilis Kinerja Keuangan Emiten

Image title
4 Maret 2019, 09:41
BEI
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Suasana Bursa Efek Indonesia

Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akhir pekan lalu terkoreksi tipis sebesar 0,02% dengan ditutup pada level 6.499,8 dari level 6.501,3 pada penutupan pekan sebelumnya. Namun, pekan ini laju IHSG diperkirakan bergerak positif. Sentimen penggeraknya adalah rilis laporan keuangan sejumlah emiten.

Analis Panin Sekuritas William Hartanto memprediksi sepekan ini IHSG bergerak di level 6.470 hingga 6.550. IHSG masih terimbas efek data deflasi perekonomian nasional yang rilis pada Jumat (1/3) kemarin. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat terjadi deflasi bulanan 0,08% pada Februari 2019 karena penurunan harga berbagai bahan makanan. "Sementara rilis laporan keuangan akan menjadi sentimen positif tambahan bagi saham terkait," kata Hartanto, Minggu (3/3) kepada Katadata.co.id.

Advertisement

Analis Indosurya Sekuritas William Surya Wijaya juga memprediksi IHSG melaju positif pekan ini. IHSG akan bergerak di level antara 6.418 dan 6.585. Menurutnya, meski IHSG akan melalui pekan pendek karena Kamis (7/3) merupakan tanggal merah, tetap memiliki peluang fase konsolidasi sebelum kembali melanjutkan kenaikan.

(Baca: Ditopang Sektor Komoditas, Laba Bersih 2018 Astra Tembus Rp 21 Triliun)

Ada pun dalam jangka panjang, IHSG masih terlihat berada dalam tren menguat. "Namun, jika terjadi koreksi wajar, hal itu dapat dimanfaatkan untuk melakukan akumulasi pembelian untuk target investasi jangka panjang," kata William berdasarkan risetnya.

Terkoreksinya IHSG pekan lalu, William Hartanto mengatakan, karena secara teknikal gagal menembus level 6.520. Sehingga, menurutnya pelaku pasar memutuskan untuk melakukan aksi ambil untung alias profit taking. Laju negatif IHSG tersebut juga merupakan efek dari pertemuan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. "Awalnya, diduga akan membawa ketegangan kembali, namun ternyata tidak," kata William.

Pekan ini, Analis Binaartha Sekuritas Muhammad Nafan Aji memberikan beberapa saham rekomendasi. Seperti PT Adhi Karya Tbk. (ADHI) dengan target harga secara bertahap di level Rp 1.550, 1.775, dan 2.000. Sementara level support di level Rp 1.455. Lalu, saham PT Astra International Tbk. (ASII) dengan target harga secara bertahap di level Rp 7.575, 7.975, 8.900, dan Rp 9.850. Lalu, level support di  Rp 7.025.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement