Didukung BUMN, LinkAja Berpeluang Kalahkan Go-Pay dan OVO

Desy Setyowati
5 Maret 2019, 16:51
linkaja
LinkAja
Menteri BUMN Rini Soemarno bersama dengan Direktur Finarya Danu Wicaksana sedang menggunakan LinkAja di sela-sela acara Java Jazz 2019.

Aplikasi pembayaran milik PT Fintek Karya Nusantara (Finarya), LinkAja sudah bisa digunakan sejak akhir Februari 2019 lalu. Menurut Ketua umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) Ignatius Untung, LinkAja berpeluang mengalahkan Go-Pay dan OVO dalam hal penggunaan.

Memang, Go-Pay dan OVO banyak digunakan (use case) untuk beragam layanan yang ada di Gojek dan Grab. Namun, LinkAja didukung oleh beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Untuk itu, Ignatius optimistis LinkAja bakal banyak digunakan di Indonesia dibanding Go-Pay dan OVO.

Untuk jalan tol misalnya, LinkAja bisa menjadi pilihan pembayaran walaupun saat ini masih menggunakan kartu elektronik toll (e-toll card). "Bisa saja nanti dipakai untuk bayar tol," kata dia kepada Katadata, Selasa (5/3).

(Baca: Riset Morgan Stanley Ungkap Ketatnya Persaingan OVO dan Go-Pay)


Saat ini, bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) tengah melakukan migrasi atas mesin pembayaran elektronik menggunakan kartu alias Electronic Data Captured (EDC). Hal ini bertujuan agar EDC milik Himbara bisa melayani transaksi LinkAja, mulai akhir bulan ini.

Dengan demikian, pengguna bisa bertransaksi di semua mitra Himbara menggunakan LinkAja. "Linkaja dimiliki oleh perusahaan yang kuat dan digunakan oleh banyak orang. Jadi, seharusnya peluang LinkAja untuk menjadi besar amat sangat terbuka," ujar Ignatius.

Jumlah EDC milik bank

Bank Mandiri239.670
BCALebih dari 500.000
BRI302.921
BNI187.931

Sumber: riset Morgan Stanley

Terlebih lagi, LinkAja siap menjalankan strategi promosi seperti yang dilakukan oleh Go-Pay dan OVO selama ini. Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rohan Hafas mengatakan, dana yang disiapkan untuk promo cukup besar, sehingga dinilai menarik dan mampu bersaing dengan pemain-pemain yang sudah ada seperti OVO atau pun Go-Pay. "Tunggu tanggal mainnya," katanya.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...