Baru 4 Bulan Beroperasi di Indonesia, OYO Kelola 360 Hotel

Penulis: Cindy Mutia Annur

Editor: Pingit Aria

6/3/2019, 07.41 WIB

OYO mengklaim tingkat hunian di hotel mitranya naik hingga 75% sejak bergabung.

Aplikasi OYO
OYO
Baru empat bulan beroperasi di Indonesia, startup jaringan hotel OYO sudah mengelola 360 hotel dengan 11 ribu kamar di 40 kota, Selasa (5/3).

OYO Hotels baru empat bulan beroperasi di Indonesia. Namun, startup jaringan hotel dari India itu sudah mengelola 360 hotel dengan 11 ribu kamar di 40 kota di Tanah Air.

Dari jumlah hotel properti tersebut, terdapat lebih dari 260 hotel di jaringan OYO yang telah beroperasi, sementara yang lainnya masih dalam tahap transformasi.

Country Head OYO Hotels & Homes Indonesia Rishabh Gupta menjelaskan, pihaknya berkomitmen untuk memberdayakan pemilik hotel lokal melalui penggunaan teknologi. Para pemilik hotel akan mendapat pendampingan pelatihan staf hingga pengawasan operasional hotel secara rutin.

“Solusi menyeluruh ini memastikan para mitra pemilik properti dapat memberikan pengalaman menginap dengan kualitas yang terjamin dan terstandarisasi bagi para tamu, sehingga (kami) mampu mendapatkan rating ulasan yang lebih tinggi di berbagai situs,” katanya dalam siaran pers, Selasa, (5/3).

(Baca: Dua Bulan Beroperasi, Unicorn India OYO Gandeng 150 Hotel di Indonesia)

Gupta melanjutkan, segala hal yang berkaitan dengan properti dapat dipantau dan dikelola dengan mudah melalui aplikasi OYO. Selain itu, dengan sistem back-end dapat memastikan adanya pelaporan secara rutin yang transparan dan pembayaran tepat waktu setiap 15 hingga 30 hari untuk mempermudah para pemilik properti dalam mengatur manajemen cash-flow mereka.

Sejauh ini, OYO mengklaim telah menerima tanggapan yang baik dari para pemilik propertinya, terutama dalam hal meningkatkan okupansi kamar. Pemilik properti hotel mengaku bahwa rata-rata tingkat penghuni hotelnya naik hingga 75% sejak bergabung dengan OYO.

Lebih lanjut Gupta menjelaskan, saat ini lebih dari 65% hotel yang tergabung dalam jaringan OYO telah mendapat rating kepuasan pelanggan 8+ di Booking.com.

Ia menjamin timnya kompeten dalam pendampingan hotel-hotel mitra. “Mereka (timnya) memiliki pemahaman dan keahlian yang luar biasa dalam industri hospitality Indonesia. Dengan total investasi US$ 100 juta, kami berharap dapat memperluas kehadiran kami di 100 kota di Indonesia pada akhir 2019,” ujar Rishabh.

(Baca: Traveloka Ekspansi ke Australia)

Sebagai informasi, jaringan OYO telah beroperasi di lebih dari 500 kota seperti di India, Tiongkok, Malaysia, Nepal, Inggris, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Indonesia, Filipina, dan Jepang.

Dengan lebih dari 18 ribu hotel eksklusif, jaringan ini juga didukung oleh beberapa investor ternama, seperti Softbank Group, Greenoak Capital, Sequoia India, Lightspeed India, Hero Enterprise, dan China Lodgi.

Reporter: Cindy Mutia Annur

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha