Indosterling Prediksi IHSG Akhir Tahun ini Menguat 12%

Image title
6 Maret 2019, 17:43
 Bursa Efek Indonesia
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). PT Indosterling Aset Manjemen memperkirakan laju IHSG bisa menguat tahun ini.

PT Indosterling Aset Manjemen memperkirakan laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bisa menguat tahun ini. Mereka memperkirakan IHSG menembus level 6.930 pada kahir tahun 2019 atau menguat 12% dibanding penutupan IHSG akhir tahun 2018.

Direktur Indosterling Aset Manajemen Fitzgerald Stevan Purba mengatakan, salah satu alasannya karena tekanan pada pasar keuangan tahun ini tidak akan seperti tahun lalu. Pada 2018 banyak terjadi capital outflow dari investor asing imbas kebijakan bank sentral Amerika Serikat, The Fed, yang menaikan suku bunga acuannya beberapa kali.

Advertisement

Namun, tahun ini pasar keuangan akan lebih baik. Kondisi tersebut mulai terlihat dari masuk kembalinya investor asing di pasar saham dalam negeri. Menurut data yang mereka amati, ekonomi AS diprediksi akan melambat. Apalagi Presiden AS Donald Trump menutup layanan pemerintahannya.

"Itu akan berdampak ke pertumbuhan ekonomi AS yang akan dirilis Maret 2019," kata Stevan ketika ditemui di Jakarta, Rabu (6/3).

Steven menambahkan, sentimen positif lainnya yang membuat IHSG diramal bakal naik 12% di akhir tahun ini karena Gubernur The Fed Jerome Powell masih ragu untuk menaikan suku bunga acuan. Prediksinya, suku bunga AS bakal naik satu kali saja. "Kami berharap nantinya aliran modal akan keluar dari dolar AS, lalu akhirnya kembali ke negara berkembang," katanya.

(Baca: Katadata Market Sentiment Index Prediksi Tren IHSG Maret 2019 Turun)

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement