Darmin Optimistis Cadangan Devisa akan Terus Naik Hingga US$130 Miliar

Rizky Alika
8 Maret 2019, 22:04
Menteri Koordinasi Bidang Perekonomian Darmin Nasution.
Katadata
Menteri Koordinasi Bidang Perekonomian Darmin Nasution.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution optimistis cadangan devisa dapat kembali ke posisi awal 2018, yaitu pada kisaran US$ 130 miliar. Menurutnya, cadangan devisa menuju ke arah yang semakin baik.

“Kami upayakan walau bukan hal yang mudah dalam jangka pendek,” kata dia di kantornya, Jakarta, Jumat (8/3).

Darmin mengatakan pergerakan cadangan devisa bergantung pada kondisi global. Meskipun performa ekspor belum membaik, ia menilai peningkatan cadangan devisa dapat dilakukan melalui berbagai cara.

(Baca: Cadangan Devisa Februari Naik US$ 3 Miliar Berkat Surat Utang)

Di sisi lain, Ekonom Bank Central Asia (BCA) David Sumual juga meyakini ada tren peningkatan cadangan devisa. “Masih ada peluang akhir tahun ke posisi US$ 130 miliar,” kata dia kepada Katadata.co.id.

Menurutnya, cadangan devisa berpotensi meningkat lantaran didorong aliran masuk modal asing dan penerbitan surat utang global oleh pemerintah. Selain itu, harga minyak yang tinggi juga diperkirakan mendorong cadangan devisa.

Dari sisi eksternal, peningkatan cadangan devisa didorong oleh ketegangan perang dagang yang diperkirakan mereda pada akhir bulan ini. Namun, David tidak menutup kemungkinan tekanan akan kembali muncul karena faktor geopolitik, seperti Brexit dan Timur Tengah. Hal tersebut dapat menganggu aliran masuk modal asing ke dalam negeri.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...