BNN Pastikan Andi Arief Pengguna Narkoba meski Hasil Tes Negatif

Image title
9 Maret 2019, 18:00
Narkoba
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi sabu. Baru-baru ini beredar surat hasil uji laboratorium yang menunjukkan politisi Partai Demokrat Andi Arief negatif memakai zat terlarang itu. Namun demikian, BNN berpendapat sama, Andi positif pengguna narkoba.

Badan Narkotika Nasional (BNN) telah menyatakan politisi Partai Demokrat Andi Arief positif memakai narkoba jenis sabu. Namun, baru-baru ini beredar di dunia maya surat hasil uji laboratorium yang menunjukkan ia negatif memakai zat terlarang itu.

"Hasil tes negatif karena pemeriksaan medis dilakukan beberapa hari setelah penangkapan," ujar Kabag Humas BNN Kombes Polisi Sulistyo Pudjo ketika dihubungi Katadata.co.id, Sabtu (9/3).

Advertisement

Ia menjelaskan, pemakai sabu yang memeriksakan darahnya 2-3 hari setelah pemakaian, hasil tesnya akan negatif. "Lima hari ke atas, rambutnya (jika dites) juga tidak terdeteksi," kata Sulistyo.

Namun demikian, BNN berpendapat sama, Andi positif pengguna narkoba.

(Baca: Mabes Polri Bantah Penangkapan Andi Arief sebagai Jebakan)

Menurut dia, sesuai dengan amanah undang-undang, seorang pemakai akan direhabilitasi. Jangka waktu proses tersebut tergantung dari masing-masing individu dan hasil pemeriksaan petugas medis.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement