Hingga 17 Maret, 110 BUMN Buka 11 Ribu Lowongan Kerja

Michael Reily
10 Maret 2019, 20:03
Gedung BUMN
Katadata
Gedung Kementerian BUMN di Kawasan Jalan Kebon Sirih, Jakarta.

Forum Human Capital Indonesia (FHCI) membuka 11 ribu posisi lowongan kerja dalam 110 perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk masyarakat umum. Program perekrutan bersama BUMN hanya terbuka sampai batas waktu 17 Maret 2019.

Ketua Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Herdy Rosadi Harman menyatakan perekrutan bertujuan untuk peningkatan produktivitas dan daya saing di pasar internasional. Apalagi pembangunan infrastruktur sudah terjadi selama masa pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

Oleh karena itu, perekrutan menjadi salah satu upaya persaingan dengan negara lain. Tahun ini, pemerintah memang lebih fokus pada pembangunan sumber daya manusia. "Minat masyarakat terhadap Program Perekrutan Bersama BUMN cukup tinggi. Hingga saat ini, sudah ada 104.000 orang pelamar," kata Herdy dalam keterangan resmi, dikutip Minggu (10/3).

Program Perekrutan Bersama BUMN terbuka bagi semua kalangan lulusan SLTA/SMK, Vokasi, S1-S2, talenta disabilitas, dan rekrut khusus putra/putri dari KTI (Kawasan Indonesia Timur). Terdapat tiga jalur perekrutan, yaitu reguler, disabilitas, dan kawasan timur Indonesia.

(Baca: Pertumbuhan Laba Bersih BUMN Melambat)

Untuk rekrutmen reguler, peluang bagi masyarakat lulusan SLTA (SMA & SMK), diploma (D1 sampai D4), dan sarjana (S1 dan S2) supaya bisa berkarier di lingkungan keluarga besar BUMN. Rekrutmen disabilitas terbuka untuk pemenuhan kualifikasi kebutuhan tenaga kerja sesuai kebutuhan bisnis BUMN baik lulusan SLTA (SMA/SLTA), Diploma (D1–D4), dan Sarjana (S1), untuk memenuhi posisi di berbagai sektor bisnis di seluruh Indonesia.

Kemudian untuk rekruitmen Kawasan Timur Indonesia adalah pembukaan lowongan bagi penduduk asli atau keturunan dari Kawasan Timur Indonesia. Pelamar BUMN harus menjadi lulusan SLTA (SMA/SMK), Diploma (D1-D4), dan Sarjana (S1) untuk mengembangkan diri di seluruh sektor bisnis BUMN Indonesia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...