Kadin Anggap Swasta Lebih Berperan dalam Pembangunan Berkelanjutan

Image title
11 Maret 2019, 18:27
Kadin
Arief Kamaludin|KATADATA
Kadin menyebut peran swasta lebih besar dari pemerintah dalam kontribusi mengejar target SDGs.

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mendorong swasta untuk turut mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) di dalam negeri. Sebab, Kadin menilai bahwa swasta berperan lebih besar untuk mewujudkan SDGs ketimbang pemerintah.

Anggota Dewan Pakar Kadin Indonesia Bayu Krisnamurthi menyebutkan, swasta mampu berkontribusi 60-70% dari target SDGs. Peluang tersebut lebih besar ketimbang kontribusi pemerintah yang hanya 12-15% dari target SDGs.

(Baca juga: Bolong-bolong pada Membaiknya Pembangunan Berkelanjutan)

Untuk itu, ia berharap swasta berperan aktif dalam mengoptimalkan SDGs. “Sektor filantropi dan organisasi masyarakat hanya mampu menyumbang 5% dari target SDGs," katanya dalam acara Kadin CEO Breakfast Meeting bertajuk 'Kontribusi Strategis Swasta untuk SDGs' di Menara Kadin Indonesia, Jakarta, Senin (11/3).

Sementara itu, Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Roeslani menambahkan, swasta semestinya memberikan nilai tambah kepada masyarakat dan lingkungan. “Tidak hanya menguntungkan perusahaannya sendiri, tapi berkontribusi sosial untuk mencapai tujuan SDGs di 2030,” ujar dia.

Sejalan dengan hal itu, Kadin Indonesia telah menyusun buku panduan praktis bagi swasta untuk menerapkan SDGs. Ia berharap, swasta menyelaraskan praktik usahanya dengan SDGs. Dengan begitu, swasta bisa mengoptimalkan perannya dalam mewujudkan SGDs di Tanah Air.

Halaman:
Reporter: Rizka Gusti Anggraini
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...