Produksi Batu Bara Tahun Lalu 14,8% di Atas Target

Image title
11 Maret 2019, 18:55
No image
Aktivitas di tambang batu bara

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatatkan realisasi produksi batu bara sepanjang tahun lalu mencapai 557 juta ton. Realisasi ini 14,8% di atas target yang ditetapkan pemerintah tahun lalu sebesar 485 juta ton. Produksi tahun lalu juga tercatat meningkat 20% dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 461 juta ton.

Adapun, realisasi tersebut terdiri dari Perjanjian Karya Pengusahaan Batu Bara (PKP2B) sebesar 295,66 juta ton, Izin Usaha Pertambangan (IUP) Badan Usaha Miliik Negara (BUMN) 25,80 juta ton, IUP Penanaman Modal Asing (PMA) 25,05 juta ton. Sedangkan, IUP Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) Daerah sebesar 211,27 juta ton.

Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM Bambang Gatot Ariyono mengatakan peningkatan produksi tersebut bertujuan untuk meningkatkan devisa negara. Pada tahun lalu pemerintah juga membuka peluang penambahan tambahan kuota produksi batu bara sebesar 100 juta ton. Namun, perusahaan hanya mengajukan penambahan produksi ke pemerintah sebesar 25 juta ton.

(Baca: Kementerian ESDM Restui Penambahan Produksi Batu Bara 32 Perusahaan)

"Produksi nasional juga terus meningkat. Ini dalam rangka mengejar devisa, pemerintah memberikan tambahan ekspor," kata Bambang, di Jakarta, Senin (11/3).

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...