Menperin Harap Lulusan Apple Academy Bisa Rebut Pasar Digital

Rizky Alika
12 Maret 2019, 18:37
Airlangga
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto mengatakan pada 2030, Indonesia akan membutuhkan 17 juta orang yang bekerja di bidang ekonomi digital. Dari jumlah tersebut, sebanyak empat persen akan bekerja di sektor manufaktur dan sisanya di jasa industri.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto berharap lulusan pertama Apple Developer Academy dapat merebut pasar digital. Hal ini merupakan salah satu upaya dalam menghadapi industri 4.0.

Menurut dia, sektor digital seperti perdagangan elektronik (e-commerce) dapat menjadi potensi bagi para lulusan akademi Apple. "E-commerce di Indonesia masih terus berkembang, ada potensi di sana. Jadi rebutlah pasar itu," kata dia dalam wisuda angkatan pertama Apple Developer Academy di BSD City, Tangerang Selatan, Selasa (12/3).

Saat ini Indonesia memiliki 30 juta orang yang menjadi konsumen e-commerce, baik yang menjual maupun membeli produk dengan menggunakan teknologi digital. Bahkan, nilai potensi pasarnya diproyeksikan dapat terus bertumbuh dari US$ 8 miliar (Rp 114,2 triliun) menjadi US$ 20 miliar (Rp 285,4 triliun) pada tahun 2022.

(Baca: Sri Mulyani: Butuh Banyak Waktu Agar Siap Hadapi Revolusi Industri 4.0)

Selain itu, Airlangga menyebutkan pada 2030, Indonesia akan membutuhkan 17 juta orang yang bekerja di bidang ekonomi digital. Dari jumlah tersebut, sebanyak empat persen akan bekerja di sektor manufaktur dan sisanya di jasa industri.

Oleh karena itu, ia berharap lulusan akademi Apple dapat memperluas pasar ekspor dengan menciptakan produk yang bernilai tambah. Dengan demikian, semakin banyak lulusan yang mampu mengembangkan aplikasi iOS dan ekonomi berbasis digital hingga ke seluruh dunia.

Sebagai informasi, pendirian akademi ini bagian dari proposal Apple untuk memenuhi ketentuan regulasi mengenai tingkat komponen dalam negeri (TKDN). Dalam proposalnya, PT Apple Indonesia memilih skema penghitungan TKDN berbasis pada pengembangan inovasi dengan nilai total investasi sebesar US$ 44 juta atau sekitar Rp 627,9 miliar dengan jangka waktu tiga tahun, terhitung sejak tahun 2017.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...