OJK Pantau Kinerja Multifinance Melambat Seiring Ekonomi Global

Image title
12 Maret 2019, 16:08
OJK
Agung Samosir | Katadata
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memperkirakan perlambatan ekonomi global bakal memengaruhi kinerja Industri Jasa Keuangan Non-Bank (IKNB) tahun ini.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memperkirakan perlambatan ekonomi global bakal memengaruhi kinerja Industri Jasa Keuangan Non-Bank (IKNB) tahun ini.

"Saya masih melihat perlambatan ekonomi global berdampak ke perekonomian kita. Kepulihannya belum begitu nampak," kata Deputi Komisioner Pengawas IKNB II OJK Mochamad Ihsanuddin ketika ditemui di Jakarta, Selasa (12/3).

Ia mengatakan, ekonomi yang melambat membuat harga komoditas turun. Imbasnya, IKNB, khususnya perusahaan pembiayaan (multifinance), turut melemah. Contohnya, IKNB yang membiayai alat berat di industri pertambangan. Hal ini juga berimbas perusahaan pembiayaan di sektor otomotif dan properti.

Tantangan industri ini tentu juga dipengaruhi defisit neraca perdagangan (Current Account Deficit/CAD). Sepanjang tahun lalu kondisinya minus US$ 8,57 miliar dan merupakan rekor terburuk sepanjang sejarah negara ini.

Menurut Ihsanuddin, untuk memperbaiki CAD, industri IKNB sebenarnya dapat turut berperan. Industri kecil yang berorientasi ekspor tapi tak terjamah perbankan, bisa ditutup dengan perusahaan pembiayaan. Hal ini tentu saja dapat menggenjot ekspor.

(Baca: Aturan Baru Uang Muka Kendaraan 0% Khusus untuk Multifinance Sehat)

Tidak hanya itu, IKNB juga bisa membiayai sektor lain, seperti pariwisata dan perumahan. “Jadi, industri jasa keuangan bisa didorong untuk membiayai sektor prioritas,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Departemen Pengawasan IKNB 2A OJK, Ahmad Nasrullah, mengaku optimistis industri ini bisa tumbuh di 2019.  Menurut dia, fundamental ekonomi Indonesia masih kuat. Kinerja emiten di pasar saham pun masih positif.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...