Kormo, Proyek Eksperimental Google untuk Pencari Kerja

Michael Reily
13 Maret 2019, 18:00
Kormo
Katadata/Michael Reily
Peluncuran aplikasi Kormo di Jakarta, Rabu (13/3).

Aplikasi Kormo bentukan Area 120 - lokakarya untuk proyek eksperimental Google - mulai masuk ke Indonesia. Kormo menyediakan fitur rating bagi pelamar kerja dan perusahaan penyedia lowongan sehingga ada transparansi sistem perekrutan.

Founder dan Lead Kormo Bickey Russel menyatakan proses pencarian pekerjaan di negara berkembang masih sangat memakan waktu, dengan tingkat ketidakpastian yang tinggi. Saat ini Kormo telah hadir di Indonesia dan bangladesh.

Advertisement

"Tantangannya adalah penyamaan kualifikasi sesuai kebutuhan, kami coba menghubungkan pencari dan pelamar kerja setepat mungkin," kata Bickey di Jakarta, Rabu (13/3).

Dia menyebutkan ada empat fitur utama yang membedakan Kormo daripada platform pencarian kerja digital lain. Keunggulan utama adalah transparansi proses seleksi kerja dengan sistem nilai bagi pelamar dan penyedia pekerjaan.

Kormo memberikan notifikasi kepada pelamar kerja dan penyedia lowongan secara realtime, serta mekanisme pekerjaan dari pendaftaran hingga penerimaan bisa melalui aplikasi. "Kami ingin membuat ekosistem yang transparan dan kepastian yang tepat dalam pencarian kerja," ujar Bickey.

(Baca: Sociabuzz Luncurkan Jejaring Sosial Premium bagi Pekerja Kreatif)

Fitur unggulan kedua Kormo adalah penyediaan jasa pembuatan profil digital bagi pelamar kerja. Sehingga, ada pertimbangan kelengkapan data yang menjadi salah satu rujukan penilaian. Setelah proses pendaftaran, pencari kerja bisa menilai perusahaan dalam tahap lanjutan pendaftaran, begitu juga sebaliknya.

Selain itu, fitur ketiga Kormo adalah pengembangan pengetahuan dan keahlian dalam bentuk modul video atau artikel. Setelah pengguna belajar, ada sistem sertifikat seperti badge yang bisa menjadi salah satu ketentuan penyedia kerja dalam meningkatkan penyesuaian kebutuhan atas tenaga kerja.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement