Semen Indonesia Industri Bangunan Laksanakan Tender Offer Rp 3 Triliun

Image title
13 Maret 2019, 19:24
Semen Indonesia
Arief Kamaludin | Katadata

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SMGR) bakal mengucurkan dana hingga Rp 3,1 triliun kepada anak usahanya PT Semen Indonesia Industri Bangunan (SIIB) untuk melaksanakan penawaran tender wajib atau mandatory tender offer (MTO).

Penawaran tender tersebut berkaitan dengan akuisisi 80,64% saham PT Holcim Indonesia Tbk (SMCB) yang telah berganti nama menjadi PT Solusi Bangun Indonesia Tbk. Sesuai Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK), perusahaan berkewajiban membeli sisa saham publik setelah mengambil alih lebih dari 80% saham.

Advertisement

Sisa saham Solusi Bangun Indonesia yang belum diambil alih oleh Semen Indonesia yang saat ini masih dikuasai oleh publik berjumlah 1,48 miliar saham atau 19,36%, Saham tersebut akan dibeli melalui MTO dengan harga Rp 2.097 per saham. 

"Semen Indonesia yang akan setor dana ke SIIB sebagai setoran modal untuk MTO. Dana yang disetorkan nantinya sesuai saham SMCB yang masih dimiliki publik yang akan 'dijual' ke SIIB," jelas Sekretaris Perusahaan Semen Indonesia yang juga merangkap sebagai Direktur Solusi Bangun Indonesia Agung Wiharto kepada Katadata.co.id, di Jakarta, Rabu (13/3).

(Baca: Semen Indonesia Industri Bangunan Resmi Jadi Pengendali Holcim)

Dalam keterbukaan informasi yang diunggah oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) sumber dana SIIB dalam melaksanakan MTO berasal dari dana yang diperoleh dari shareholder loan dan setoran modal yang akan diberikan oleh Semen Indonesia kepada SIIB sesuai dengan kebutuhan pendanaan terkait MTO.

Pinjaman Sindikasi

Agung mengatakan, Semen Indonesia memiliki sumber pendanaan yang cukup untuk dapat digunakan dalam mendukung pelaksanaan MTO yang akan dilakukan oleh SIIB. "Dana tersebut berasal dari pinjaman sindikasi bank," katanya.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement