Target Produksi BBM Kilang Plaju Tahun Ini Capai 36,3 Juta Barel

Image title
14 Maret 2019, 22:00
Kilang Minyak
KATADATA
Ilustrasi kilang minyak. Pertamina menargetkan produksi dari Kilang Plaju pada tahun ini sebesar 36,23 juta barel per tahun.

Pertamina Refinery Unit III (RU III) menargetkan produksi dari Kilang Plaju sepanjang 2019 mencapai 36,23 juta barel per tahun. Angka ini sedikit berkurang dibandingkan realisasi tahun sebelumnya yang mencapai 36,3 juta barel per tahun.

General Manager Pertamina RU III Yosua IM Nababan mengatakan, produksi minyak tahun lalu naik sekitar tiga persen daripada 2017 yang hanya 35,2 juta barel per tahun.

Perusahaan akan memakai rekayasa pengolahan minyak tak terpakai (recovery waste oil) menjadi produk bernilai untuk mencapai target tersebut. “Penyumbang terbesar produksi adalah pemanfaatan waste oil menjadi mogas dengan kualitas prima,” kata Yosua dalam keterangan tertulisnya, Kamis (14/3).

Mogas adalah minyak hidrokarbon ringan untuk mesin pembakaran kendaraan bermotor. Teknik rekayasa minyak ini merupakan program terobosan yang dilakukan Pertamina, Tujuannya, menjaga pasokan bahan bakar minyak (BBM) area Sumatera bagian selatan. Margin kilang pun naik menjadi Rp 128,3 miliar per tahun.

Di kilang petrokimia, Yosua melanjutkan, produksi bijih plastiknya mencapai 45.200 ton per tahun pada 2018. “Setara 102% dari target,” katanya.

Kilang Plaju juga sedang melakukan proyek green refinery, yaitu mengolah minyak sawit menjadi bahan bakar ramah lingkungan. Proyek ini berjalan sejak akhir tahun 2018. Acuannya adalah studi Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...