Masyarakat Pulau Obi Beli Premium dan Solar Rp 11 Ribu per Liter

Safrezi Fitra
15 Maret 2019, 19:35
Masyarakat Pulau Obi, Maluku Utara membeli BBM Premium dan Solar dengan harga Rp 11 ribu per liter
ARIEF KAMALUDIN | KATADATA
Program BBM Satu Harga

Masyarakat Pulau Obi, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara (Malut) kesulitan mendapatkan bahan bakar minyak (BBM) sesuai harga standar. Masyarakat membeli bensin premium dan solar di pulau tersebut dengan harga Rp 11 ribu per liter.

Seperti dikutip Antara, tokoh masyarakat Pulau Obi, Djainal mengatakan pengecer menjual BBM dengan harga yang mahal. Para pengecer ini mendapat BBM dari Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Kalau pasokan BBM dari Pertamina agak terlambat, misalnya hambatan cuaca ekstrim di perairan Halmahera Selatan, para pengecer menjual sampai Rp 20 ribu per liter.

Sebenarnya sudah ada beberapa SPBU di pulau tersebut yang menjual harga BBM dengan harga standar. "Adanya SPBU di Pulau Obi seharusnya akan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan BBM, baik premium maupun solar sesuai harga standar, tetapi faktanya tidak seperti itu," kata Djainal di Ternate, Jumat (15/3).

(Baca: Pertamina Akan Tambah 39 Penyalur BBM Satu Harga Tahun Ini)

Dia menceritakan SPBU yang terletak di Jiko Kahe, Kecamatan Obi menjual BBM sesuai harga standar kepada masyarakat hanya satu hari setelah menerima pasokan BBM dari Pertamina Labuha. Namun, hari-hari berikutnya tidak melayani pembelian, dengan alasan stoknya habis.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...