Pesta Diskon hingga 70% untuk Rayakan Hari Konsumen

Image title
15 Maret 2019, 08:05
promosi diskon
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Pengunjung melintas didepan poster promosi diskon salah satu toko di Grand Indonesia, Jakarta, Rabu (14/6/2018).

Kementerian Perdagangan (Kemendag) Republik Indonesia bekerja sama dengan Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) menggelar pesta diskon dalam rangka memperingati Hari Konsumen Nasional (Harkonas). Kegiatan yang berlangsung pada 13-20 Maret 2019 ini  diikuti sejumlah peretail baik yang online maupun offline dengan tawaran pesta diskon menarik hingga 70%.  

Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) Veri Anggrijono mengimbau potongan harga yang ditawarkan  pihak peretail harus riil, bukan merupakan harga yang sudah dilebih-lebihkan baru kemudian diberi diskon. “Kami tugaskan direktur pengawasan untuk mengecek itu,” kata Veri di Jakarta, Kamis (14/3).

(Baca: Tips Belanja Hemat Saat Harbolnas)

Karenanya, Veri mengatakan pihaknya akan mengecek langsung saat kegiatan sejauh mana pemberian diskon tersebut diterapkan. Sebab, jika nantinya ditemukan ada harga yang tidak masuk akal, maka akan segera ditindaklanjuti.

Adapun peringatan ini bertujuan untuk mengedukasi kepada masyarakat mengenai hak dan kewajiban sebagai konsumen. Dengan begitu, lanjut Veri, masyarakat akan menjadi konsumen yang cerdas dan berdaya.

Sementara itu, Kepala Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) Ardiansyah Parman menyampaikan pesta diskon diberikan agar peringatan Hakornas tidak hanya dilihat seremonial saja. Lanjutnya, saat ini Indonesia harus berdaya. “Salah satunya kita jadikan para konsumen cerdas berkonsumsi,” kata Ardiansyah.

Halaman:
Reporter: Rizka Gusti Anggraini
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...