Pesta Diskon hingga 70% untuk Rayakan Hari Konsumen

Penulis: Rizka Gusti Anggraini

Editor: Ekarina

15/3/2019, 08.05 WIB

Pekan pesta diskon berlangsung 13-20 Maret untuk menyambut perayaan Hari Konsumen Nasional.

promosi diskon
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Pengunjung melintas didepan poster promosi diskon salah satu toko di Grand Indonesia, Jakarta, Rabu (14/6/2018).

Kementerian Perdagangan (Kemendag) Republik Indonesia bekerja sama dengan Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) menggelar pesta diskon dalam rangka memperingati Hari Konsumen Nasional (Harkonas). Kegiatan yang berlangsung pada 13-20 Maret 2019 ini  diikuti sejumlah peretail baik yang online maupun offline dengan tawaran pesta diskon menarik hingga 70%.  

Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) Veri Anggrijono mengimbau potongan harga yang ditawarkan  pihak peretail harus riil, bukan merupakan harga yang sudah dilebih-lebihkan baru kemudian diberi diskon. “Kami tugaskan direktur pengawasan untuk mengecek itu,” kata Veri di Jakarta, Kamis (14/3).

(Baca: Tips Belanja Hemat Saat Harbolnas)

Karenanya, Veri mengatakan pihaknya akan mengecek langsung saat kegiatan sejauh mana pemberian diskon tersebut diterapkan. Sebab, jika nantinya ditemukan ada harga yang tidak masuk akal, maka akan segera ditindaklanjuti.

Adapun peringatan ini bertujuan untuk mengedukasi kepada masyarakat mengenai hak dan kewajiban sebagai konsumen. Dengan begitu, lanjut Veri, masyarakat akan menjadi konsumen yang cerdas dan berdaya.

Sementara itu, Kepala Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) Ardiansyah Parman menyampaikan pesta diskon diberikan agar peringatan Hakornas tidak hanya dilihat seremonial saja. Lanjutnya, saat ini Indonesia harus berdaya. “Salah satunya kita jadikan para konsumen cerdas berkonsumsi,” kata Ardiansyah.

(Baca: Konsumen E-Commerce Lebih Nyaman Belanja di Perusahaan Lama)

Pekan pesta diskon ini dilaksanakan atas kerja sama dengan laman pemasaran (marketplace) seperti Shopee, Blanja.com, Elevenia, Alfamart.com, Matahari.com, dan Gojek. Sedangkan retail offline, kerja sama dilakukan dengan Indomaret, Alfamart, Matahari Department Store, dan Sogo Department Store, Alun-Alun Indonesia, Damn I Love Indonesia, Aeon, Kafe Betawi, Bakmi Naga, Ranch Market, dan Farmers Market.

Selain pekan pesta  diskon, pada 19-20 Maret 2019 di Bandung, juga akan diadakan pameran Edukasi Konsumen yang diikuti oleh Kemendag, BPKN, serta pelaku usaha dari sembilan sektor prioritas yang tercantum dalam Strategi Nasional Perlindungan Konsumen.

Kesembilan sektor tersebut adalah obat dan makanan, listrik dan gas rumah tangga, perumahan, ritel, niaga-el, barang elektronik, telematika dan kendaraan bermotor, jasa kesehatan, jasa transportasi, jasa keuangan, dan jasa telekomunikasi. Pameran juga akan diisi dengan produk unggulan dari masing-masing kota/kabupaten di wilayah Provinsi Jawa Barat.

(Baca: Gelar Diskon Besar Sebelum Tutup Gerai, Omzet Central Neo Soho Melesat)

 

Reporter: Rizka Gusti Anggraini

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha