Pertamina Gelar Pelatihan Guna Serap Pekerja Lokal untuk Kilang Tuban

Image title
15 Maret 2019, 18:49
Pertamina - Rosneft
Katadata
Penandatanganan kerja sama PT Pertamina dan Rosneft dalam pembangunan proyek Kilang Tuban

PT Pertamina (Persero) tengah bersiap untuk pembangunan kilang miyak Grass Root Refinery (GRR) Tuban di Jawa Timur. Perusahaan pun menggelar pelatihan kerja untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) di wilayah sekitar agar bisa bekerja di kilang tersebut.

Koordinator Project Coordinator GRR Tuban Kadek Ambhara Jaya menjelaskan, pihaknya menggelar pelatihan terhadap 111 lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) dari lima desa di Kecamatan Jenu. "Dengan pelatihan itu, diharapkan masyarakat lebih terampil," kata dia di Jakarta, Jumat (15/3).

Advertisement

Menurut dia, pada tahap pertama, pelatihan untuk tiga bidang kerja yaitu safetyman (pengawas keselamatan), security (tenaga pengamanan), dan K3 (keselamatan dan kesehatan kerja) dasar. Secara rinci, dari 111 peserta pelatihan, sebanyak 31 orang mengikuti pelatihan sebagai safetyman, 10 orang pelatihan sebagai security, dan 70 orang pelatihan untuk bidang K3.

(Baca: Batal di Situbondo, Pembangunan Kilang Minyak Tetap di Tuban)

Bupati Tuban Fathul Huda menyampaikan pembangunan kilang Tuban merupakan investasi yang dapat meningkatkan perekonomian Kabupaten Tuban khususnya masyarakat di sekitar wilayah kilang. "Kami memberikan apresiasi kepada Pertamina karena telah menunjukkan komitmen kepada masyarakat sekitar," kata dia.

Sebelumnya sejumlah warga masyarakat Tuban menolak rencana Pertamina dalam membangun kilang di wilayah tersebut. Masyarakat menolak lahannya untuk digunakan, sehingga proses pembangunan proyek kilang milik perusahaan plat merah tersebut tersendat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement