Tak Bagikan Dividen, Siloam Ekspansi 7 Rumah Sakit Baru Tahun Ini

Image title
15 Maret 2019, 17:53
Siloam
Katadata | Agung Samosir
Grup Rumah Sakit Siloam berencana menambah jaringan rumah sakitnya sebanyak tujuh rumah sakit baru tahun ini.

PT Siloam International Hospital Tbk. (SILO) menganggarkan Rp 200 miliar untuk belanja modal atau capital expenditure (capex) tahun ini. Anggaran tersebut akan digunakan untuk menambah lima sampai tujuh jaringan rumah sakit baru dalam Grup Siloam.

Presiden Direktur Siloam Ketut Budi Wijaya mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan capex tersebut Siloam akan menggunakan dana kas internal perusahaan. Oleh karena itu, tahun ini Siloam putuskan untuk tidak membagikan dividen dari keuntungan tahun buku 2018 kepada pemegang saham.

"Kami memerlukan dana untuk pengembangan (rumah sakit baru). Awal tahun ini saja, kami sudah membuka dua rumah sakit baru dan masih akan menambah tiga sampai lima rumah sakit lagi," kata Ketut dalam paparan publik di Hotel Aryaduta, Tangerang, Jumat (15/3).

Pada awal tahun ini, bisnis healthcare milik Grup Lippo ini telah menambah dua jaringan rumah sakit baru yaitu di Kelapa Dua, Depok dan di Tegal Rejo, Magelang. Tahun ini mereka berencana untuk menambah lagi paling banyak lima rumah sakit baru di Ambon (Maluku), Banjarmasin (Kalimantan Selatan), Batu Lippo Mall (Malang, Jawa Timur), Pasar Baru (Jakarta Pusat), dan Tulungagung (Jawa Timur).

(Baca: Tumbuh 13%, Laba Bersih Lippo Karawaci Rp 695 Miliar pada 2018)

Saat ini, total jaringan rumah sakit yang dioperasikan oleh Siloam berjumlah 36 rumah sakit di seluruh Indonesia. Sedangkan tahun lalu Siloam menambah empat rumah sakit baru yaitu di Silampari (Lubuk Linggau, Sumatera Selatan), Palangka Raya (Kalimantan Tengah), Jember (Jawa Timur), dan Semarang (Jawa Tengah).

Pada kesempatan yang sama, Direktur Siloam Budi Raharjo Legowo menambahkan, selain menambah rumah sakit yang mereka bangun sendiri, mereka juga membuka peluang untuk mengakuisisi rumah sakit yang sudah ada. Hanya saja, potensi akuisisi belum diperhitungkan dalam dana capex tahun ini.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...