Aplikasi Halofina Mempermudah Milenial dalam Berinvestasi

Cindy Mutia Annur
17 Maret 2019, 01:00
halofina
Katadata
ilustrasi

Beberapa orang masih ragu-ragu untuk berinvestasi. Sebab, butuh pengetahuan khusus jika ingin berinvestasi seperti saham, reksa dana, obligasi ritel, dan lainnya. Melihat peluang ini beberapa perusahaan membuat aplikasi untuk menjawab kebutuhan tersebut, salah satunya Halofina.

Chief Executive Officer Halofina Adji Wicaksana menjelaskan nama Halofina diambil dari akronim ‘Halo Financial’. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini bertujuan menjadi asisten keuangan pribadi bagi penggunanya, supaya bisa mengelola keuangan dengan lebih baik.

Halofina menyasar masyarakat berusia 25-35 tahun atau milenial, yang pendapatannya lebih dari Rp 7 juta per bulan dan tinggal di kota besar. “Kami percaya bahwa keuangan itu berpengaruh terhadap kehidupan dan kesejahteraan seseorang,” ujar dia kepada Katadata, Kamis (15/3).

(Baca: Berhenti Konsumtif, Milenial Didorong untuk Mulai Investasi)

Saat ini, Halofina sudah menggaet 2.400 pengguna yang tersebar di Indonesia dan luar negeri. Rerata penggunannya berusia 27 tahun. Dari segi wilayah, mayoritas penggunanya tinggal di Jakarta dan Bandung. Tahun ini, Halofina menargetkan jumlah penggunanya mencapai 300 ribu dan 50 ribu di antaranya aktif bertransaksi.

Dia juga menargetkan jumlah aset dan transaksi investasi di platformnya meningkat. Untuk itu, Halofina berencana merilis fitur syariah pada Kuartal III-2019. Fitur ini akan menyediakan hal yang dasar untuk umat muslim, seperti perhitungan zakat, investasi untuk umrah, kurban dan sebagainya. Dia optimistis fitur ini akan mendapat lisensi dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan diminati pengguna.

Halofina juga akan bekerja sama dengan beberapa mitra strategis dan institusi untuk meningkatkan jumlah pengguna. Nantinya, pegawai dari mitra strategis itu bisa menggunakan layanan Halofina. Kami percaya, Robo Advisory platform yang kami bangun bisa jadi solusi banyak pihak,” kata Adjie.

(Baca: Stanchart Luncurkan Layanan Online Bantu Nasabah Pilih Investasi)

Halofina berdiri pada 2017 di Bandung. Saat itu, platform ini hanya menyediakan layanan edukasi investasi lewat video dan podcast. Awal 2018, fungsi platform Halofina diperlengkap dengan empat fitur unggulan. Pertama, Financial Planning. Fitur ini membantu pengguna merencanakan keuangannya sesuai perencanaan pengguna. Misalnya, pengguna yang ingin melakukan perjalanan (travelling) dan membutuhkan dana besar. Fitur ini akan membantu membuat perhitungan untuk mencapai target dana yang diinginkan.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...