Jokowi Minta Tak Ada Ego Sektoral Untuk Atasi Kemacetan Jabodetabek

Michael Reily
19 Maret 2019, 13:31
Metropolitan
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Sejumlah kendaraan terjebak macet di ruas jalan bebas hambatan atau Tol, kawasan Cawang UKI, Jakarta, Senin (18/3). Pertumbuhan jumlah motor dan mobil di Jakarta mencapai 12 persen per tahun atau berkisar 5.500 hingga 6000 unit per hari dan kepadatan jalanan di Ibu kota disebabkan oleh tingginya pengguna kendaraan pribadi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan integrasi transportasi wilayah Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek) tak bisa ditunda lagi. Pemerintah akan mempercepat sistem jaringan transportasi antarwilayah tersebut.

Dalam Rapat Terbatas (Ratas) di Istana Negara pagi tadi, Jokowi menyebut dampak kerugian kemacetan sangat tinggi. “Angkanya Rp 65 triliun karena kemacetan setiap tahun, bahkan sampai Rp 100 triliun,” katanya, Jakarta, Selasa (19/3).

Ia meminta egosektoral, seperti antarkementerian dan antardaerah, bisa dihilangkan. Alasannya, kerugian akibat kemacetan yang besar sudah masuk dalam ranah kepentingan nasional.

(Baca: Euforia Menyambut MRT Jakarta)

Sistem transportasi perkotaan dan tata ruang, menurut dia, harus memiliki kesinambungan antarmoda transportasi. Misalnya, Moda Raya Terpadu (MRT), Lintas Rel Terpadu (LRT), Transjakarta, Kereta Rel Listrik (KRL), dan sarana serta prasana transportasi lain.

Yang penting pula, layanan transportasi harus memberikan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat. “Saya yakin (dengan cara ini) akan mengurangi kemacetan yang ada di Jabodetabek. Kami harap selesai MRT dan LRT, lanjut yang lain,” ujar Jokowi.

Penugasan untuk JK

Sebelumnya, Jokowi menugaskan Wakil Presiden M Jusuf Kalla (JK) untuk mengelola transportasi wilayah Jabodetabek untuk mengatasi kemacetan. Nantinya, JK akan memimpin koordinasi dan memecahkan masalah integrasi transportasi di wilayah itu.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...