Sri Mulyani Pastikan Ekonomi Indonesia Tidak Terganggu Pemilu

Image title
20 Maret 2019, 13:44
IED 2019
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Menteri Keuangan Sri Mulyani memastikan kondisi ekonomi tak terpengaruh jelang pemilihan umum April 2019.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan kondisi ekonomi Indonesia tidak akan terganggu jelang pemilihan umum (pemilu) serentak. Hal ini ia katakan di depan para penerbit surat utang (issuer) yang hadir dalam acara lembaga pemeringkat Fitch Rating.

“Pemilu tidak akan menjadi halangan untuk memperkuat ekonomi Indonesia,” kata Sri Mulyani. Ia menjelaskan, kondisi politik semakin terbuka sejak era Reformasi 1998. Selain itu, berkaca pada pemilu sebelumnya, kondisi ekonomi pun cenderung stabil.

Advertisement

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu memastikan, penyelenggaraan pemilu pada April 2019 nanti tak akan jauh berbeda dengan sebelumnya. Perbedaannya hanya pemilihan presiden dan wakil presiden serta anggota legislatif diselenggarakan secara bersamaan. “Dari sisi politik, hal ini dapat meningkatkan efisiensi waktu,” katanya.

(Baca: Debat Cawapres Tak Berpengaruh, IHSG Dibuka Positif )

Menurut dia, sistem demokrasi dapat membuat kehidupan politik menjadi lebih lagi. Karena itu, ia meyakinkan kepada para issuer yang hadir agar tidak perlu khawatir dengan cara pemerintah mengelola pemilu.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement