Produsen Action Figure Lokal Ini Raup Cuan dari Sosok Kuntilanak

Michael Reily
21 Maret 2019, 02:00
Mainan Lokal
Instagram/@ggnwtoys
Karakter Wewe Gombel buatan produsen mainan lokal Good Guys Never Win.

Koleksi mainan merupakan salah satu hobi yang tak lekang oleh waktu. Kolektor action figure punya fokus terhadap detail, serta tingkat kelangkaannya. Di tengah maraknya impor, produsen mainan Good Guys Never Win and Co justru mengangkat karakter lokal sebagai action figure.

Manajer Good Guys Never Win Julian Aaron Widjaja menyatakan, tokoh antagonis seperti setan lokal memiliki nilai jual tinggi. Contohnya, kuntilanak, pocong, leak bali, genderuwo, hingga tuyul. "Itu menarik karena seram tapi keren, orang yang takut juga bisa ikut tertawa melihat mainan," kata Julian dalam sambungan telepon kepada Katadata.co.id, Rabu (20/3).

Advertisement

Dia mengungkapkan, salah satu anggota manajemen Guns N Roses yang tertarik untuk mengoleksi seri setan lokal dari Good Guys Never Win. Bahkan, karena berlangganan, seluruh karyawan mendapatkan tiket gratis saat Guns N Roses menggelar konser di Jakarta, 28 November 2018 lalu.

Julian menceritakan, perkembangan perusahaannya penuh dengan kejutan. Pada 2005, Founder Good Guys Never Win - Cipta Croft-Cushword – yang penggemar mainan menemukan penyaluran bakat dengan membuat properti syuting di salah satu televisi nasional.

(Baca: Dianggap Merusak Generasi Muda, Malaysia Larang Gim PUBG)

Terlalu sering menggunakan resin sebagai bahan baku mainan, ide-ide gila mulai muncul untuk membuat karakter yang aneh. Salah satu karakter asli Good Guys Never Win adalah Dolores Dolorian, bayi luar angkasa.

Bahkan, ide untuk pembuatan mainan kadang muncul dari lelucon. "Ada saja karakter yang kami buat berdasarkan obrolan ngalor-ngidul semalam suntuk, tiba-tiba besoknya sudah jadi bentuk dasar hasil resinnya," ujar Julian.

Tidak Diproduksi Massal

Dia menuturkan, proses produksi satu variasi mainan bisa mencapai satu bulan, termasuk pembangunan resin, pencetakan, hingga penyelesaian akhir seperti pengecatan dan detail. Namun, Good Guys Never Win melakukan pembatasan pembuatan hanya 300 unit untuk satu ragam karakter.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement