Walikota Tangerang Selatan Tunggu Kajian MRT untuk Perpanjang Rute

Michael Reily
21 Maret 2019, 16:20
No image
Moda raya terpadu (Mass Rapid Transit/MRT) Jakarta resmi memulai operasional terbatas dalam rangka uji coba publik pada hari ini, Selasa (12/3). Pada operasi hari ini, MRT Jakarta akan mengangkut sebanyak 4 ribu penumpang mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB.

Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany menyatakan masih menunggu kajian PT Mass Rapid Transit Jakarta untuk perpanjangan rute Moda Raya Terpadu (MRT) ke Tangerang Selatan.

"Saya harap MRT tidak hanya berhenti di Lebak Bulus saja, bisa tembus juga sampai Tangerang Selatan," kata dia kepada Katadata.co.id di Tangerang Selatan, Kamis (21/3).

Menurut Airin, perpanjangan rute jalur MRT yang memungkinkan adalah Ciputat-Pondok Cabe-Pamulang-Rawa Buntu atau menyusuri sepanjang tol Jakarta Outer Ring Road.

Namun, Airin belum mengungkapkan rute MRT di Tangerang Selatan bakal lewat bawah tanah atau jalur layang. Semua pengukuran dan perbandingan untuk kenyamanan penumpang masih menunggu kajian dari MRT.

(Baca: Menjajal MRT, Jokowi Sebut Simbol Peradaban Baru Jakarta)

MRT saat ini sedang melakukan uji kelayakan yang tenggatnya selesai pada Juni 2019. Setelah itu, hasil kajiannya akan diteruskan ke Gubernur Banten.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya telah meminta integrasi transportasi wilayah Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek). Dalam Rapat Terbatas (Ratas) di Istana Negara beberapa waktu lalu, pemerintah sepakat rute MRT harus mencapai 200 kilometer dalam waktu 10 tahun.

(Baca: Menteri Basuki Samakan MRT Jakarta dengan Jepang)

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...