KPK Ungkap Peran Empat Tersangka Kasus Suap Direktur Krakatau Steel

Image title
23 Maret 2019, 22:20
Pabrik PT Krakatau Steel (Persero)
Agung Samosir|KATADATA
Pabrik PT Krakatau Steel (Persero)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan empat orang tersangka dalam kasus suap pengadaan kontainer dan boiler untuk Pabrik Blast Furnace milik PT Krakatau Steel (Persero). KPK pun membeberkan dugaan konstruksi perkara tersebut. Direktur Teknologi dan Produksi Krakatau Steel diduga menerima suap dari rekanan bisnis yang disetujuinya.

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang menjelaskan, dalam konstruksi KPK, Direktorat Teknologi dan Produksi yang dipimpin Wisnu membutuhkan barang dan peralatan masing-masing dengan nilai mencapai Rp 24 miliar dan Rp 2,4 miliar. Seorang pihak swasta bernama Alexander Muskitta (AMU) diduga menawarkan beberapa rekanan untuk melaksanakan pekerjaan tersebut kepada Wisnu dan disetujui.

Alexander menyepakati commitment fee dari rekanan untuk kemudian ditunjuk sebagai pengada barang dan peralatan. Kedua rekanan tersebut adalah PT Grand Kartech dan Group Tjokro, commitment fee yang disetujui yaitu sebesar 10% dari nilai kontrak. Alexander diduga bertindak mewakili dan atas nama Wisnu sebagai Direktur Teknologi dan Produksi Krakatau Steel.

(Baca: Direktur Krakatau Steel Jadi Tersangka Suap Pengadaan Kontainer)

Selanjutnya, Alexander meminta Rp 50 juta kepada Kenneth Sutarja (KSU) dari Grand Kartech dan meminta Rp 100 juta dari Kurniawan Eddy Tjokro alias Yudi Tjokro (KET) dari Group Tjokro. Pada 20 Maret 2019, Alexander menerima cek senilai Rp 50 juta dari Kurniawan yang kemudian disetorkan ke rekening pribadinya. 

Selanjutnya, Alexander menerima uang dari Kenneth sebesar US$ 4 ribu dan Rp 45 juta di sebuah kedai kopi di Jakarta Selatan. Uang tersebut kemudian disetorkan ke rekening Alexander. Pada 22 Maret, sebanyak Rp 20 juta diserahkan oleh Alexander kepada Wisnu di kedai kopi daerah Bintaro sebelum akhirnya digrebek oleh KPK.

(Baca: Akui OTT KPK, Kementerian BUMN Dukung Proses Hukum di Krakatau Steel)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...