Ditopang Penjualan CD Lagu, KFC Indonesia Raup Pendapatan Rp 6 Triliun

Image title
Oleh Ekarina
27 Maret 2019, 13:08
Retail KFC
Katadata | Arief Kamaludin

Perusahaan retail makanan cepat saji, PT Fast Food Indonesia Tbk (FAST), pada 2018 membukukan pertumbuhan laba bersih 27,7% menjadi Rp 212 miliar dibanding tahun sebelumnya. Pertumbuhan tersebut salah satunya dipicu oleh peningkatan penjualan perseroan.

Menurut laporan keuangan perusahaan, sepanjang tahun lalu pemilik jaringan waralaba Kentucky Fried Chicken (KFC) di Indonesia membukukan penjualan sebesar Rp 6 triliun. Jumlah tersebut tumbuh 13,2% dibanding tahun sebelumnya yang sebesar Rp 5,3 triliun.

Dari penjualan itu, sekitar 98,3% atau sekitar Rp 5,94 triliun disumbang oleh penjualan makanan minuman. Sedangkan sebagian sisanya disumbang oleh penjualan konsinyasi CD sekitar Rp 59,8 miliar dan layanan jasa antar Rp 12,4 miliar.

(Baca: Harga Daging Ayam Melonjak, KFC Kerek Harga Jual)

Sejalan dengan penjualan, perusahaan juga mengalami peningkatan beban pokok penjualan dari Rp 1,95 triliun menjadi Rp 2,2 triliun. Namun perusahaan berhasil mencatat laba periode berjalan sebesar Rp 212 miliar akibat penurunan sejumlah komponen beban seperti beban operasi, beban keuangan serta diperolehnya bagian laba atas entitas asosiasi.

Direktur Fast Food Indonesia Justinus D.Juwono sebelumnya mengatakan, sepanjang tahun lalu dia memprediksi pendapatan perusahaan bisa mencapai Rp 6 triliun.

Beberapa startegi yang diandalakna perusahaan untuk meningkatkan kinerjanya yaitu dengan berinovasi pada layanan menu KFC, peningkatan jumlah persediaan ayam guna mengantisipasi kenaikan harga ayam sewaktu-waktu, memperluas jaringan gerai dan pengembangan teknologi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...