Honda Ekspor All New Brio Senilai Rp 1 Triliun ke Vietnam dan Filipina

Image title
Oleh Ekarina
27 Maret 2019, 00:00
GIIAS 2017
Arief Kamaludin|KATADATA
Stand pamer mobil Honda di ajang GIIAS 2017, Kamis, (10/08)

Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) PT Honda Prospect Motor (HPM) bakal mengekspor All New Honda Brio yang diproduksi di pabrik Karawang, Jawa Barat ke pasar Vietnam dan Filipina tahun ini. Nilai ekspor kendaraan untuk kedua pasar tersebut diperkirakan mencapai Rp 1 triliun. 

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan pada produk All New Honda Brio yang akan diekspor tersebut memiliki tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) sebesar 89%. 

"Ekspor perdana All New Brio ke Filipina dan Vietnam ini nilai ekspornya mencapai Rp1 triliun," kata Airlangga dalam keterangan resmi, Selasa (26/3).

(Baca: Kemenperin Optimis Ekspor Kendaraan Listrik 1,2 Juta Unit ke Australia)

Sejak 2013, HPM telah mengekspor kendaraan dalam bentuk terurai (Completely Knock Down/CKD) untuk 11 model kendaraan roda empat ke 12 negara tujuan ekspor di benua Asia dan Amerika. Sepanjang tahun 2018, nilai ekspor Honda telah  menembus Rp12 triliun.

“Kami terus mendorong HPM agar terus meningkatkan performa ekspornya  dan mencapai target ekspor Rp25,5 triliun pada 2021,” ujarnya.

Adapun dengan peningkatan ekspor HPM menurutnya turut menandakan industri otomotif Indonesia memiliki daya saing di luar negeri. Kendati demikian industri dalam negeri perlu meningkatkan konten lokal. 

Selain dalam bentuk CKD, HPM  menurutnya juga telah mengekspor kendaraan  dalam bentuk utuh (CBU), yaitu Honda Freed yang diproduksi di Pabrik HPM Karawang pada 2011 sampai 2014 ke  Thailand dan Malaysia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...