Hari Coblosan Jelang Libur Panjang Berpotensi Gerus Suara Jokowi

Ameidyo Daud Nasution
28 Maret 2019, 18:39
Jokowi MotoGP
www.setkab.go.id
Presiden Jokowi disaksikan sejumlah pembalap mencoba salah satu motor balap, di halaman Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Senin (11/3) sore.

Lembaga Center for Strategic and International Studies (CSIS) menyebut hari libur saat pemilihan presiden berlangsung berpotensi menggerus suara calon petahana Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Pilpres 2019 yang akan berlangsung 17 April berdekatan dengan libur Hari Raya Jumat Agung yang dirayakan umat Nasrani.

Dari hasil survei yang dirilis CSIS, sebanyak 7% responden berencana liburan saat Pemilu berlangsung. Sedangkan mayoritas responden yakni 93% memilih tidak berlibur.

Berdasarkan hasil survei crosstabulasi antara rencana liburan dan kategori agama, mayoritas responden yang beragama Islam (93,5%) memilih tidak berlibur. Hanya 6,5% responden beragama Islam yang berlibur saat hari pencoblosan Pilpres. Adapun responden beragama Kristen/Katolik sebanyak 13,1% akan berlibur dan 86,9% memilih tidak berlibur.

"Kalau (umat Nasrani) liburan (tidak mencoblos) mungkin bisa menjadi problematik (untuk Jokowi)," kata Direktur Eksekutif CSIS, Philips J Vermonte, saat konferensi pers di Jakarta, Kamis (28/3).

(Baca: CSIS: PDIP, Gerindra dan Golkar Akan Peroleh Suara Terbanyak)

Alasannya, pada Pilpres 2014, Jokowi mendapatkan limpahan suara dari non-muslim. Sedangkan di segmen pemilih muslim, mantan Walikota Solo tersebut mengalami kekalahan.

Sehingga apabila pendukung Jokowi memilih bepergian liburan dibandingkan menggunakan hak pilihnya, berpotensi menggerus suara. "Saat itu bahkan lebih problematik," kata Philips.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...