Resmikan 3 KEK, Jokowi Targetkan Serap Investasi Rp 110 Triliun

Safrezi Fitra
1 April 2019, 13:24
Jokowi Resmikan KEK Bitung, Morotai, dan Maloy Batuta Trans Kalimantan, di Manado, Sulawesi Utara, Senin (1/4).
Kemenko Perekonomian
Jokowi Resmikan KEK Bitung, Morotai, dan Maloy Batuta Trans Kalimantan, di Manado, Sulawesi Utara, Senin (1/4).

Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) meresmikan tiga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Kawasan Timur Indonesia. Ketiga KEK ini ditargetkan bisa menarik investasi hingga Rp 110 triliun dan menyerap 120 ribu tenaga kerja.

Dia berharap dengan adanya KEK, industri pengolahan dan industri lainnya bisa berkembang di dalam negeri. “Sehingga kita tidak lagi sekedar mengekspor bahan mentah, melainkan produk yang memiliki nilai tambah lebih tinggi,” kata Jokowi dalam keterangannya saat peresmian tiga KEK tersebut di Manado, Senin (1/4).

Ketiga KEK yang diresmikan hari ini adalah KEK Bitung di Sulawesi Utara, KEK Morotai di Maluku Utara, dan KEK Maloy Batuta Trans Kalimantan (MBTK) di Kalimantan Timur. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menjelaskan targetan yang akan dicapai dari ketiga KEK tersebut.

(Baca: Jokowi Resmikan 3 Kawasan Ekonomi Khusus di Indonesia Timur)

KEK Bitung fokus industri pengolahan kelapa, industri pengolahan perikanan, industri farmasi, dan logistik. KEK ini ditargetkan dapat menarik investasi Rp 35,2 triliun dan menyerap 34.710 tenaga kerja serta dapat memberikan efek terhadap perekonomian nasional hingga Rp 92,1 triliun pada 2025.

KEK Bitung telah mendatangkan beberapa investor dengan total komitmen investasi sebesar Rp 3,8 triliun. Salah satunya adalah Futai Indonesia yang bergerak di bidang industri pengolahan kertas daur ulang dengan komitmen investasi sebesar Rp 2,8 triliun.

“Proyek Strategis Nasional (PSN) yang mendukung keberlangsungan KEK Bitung diantaranya adalah Pelabuhan Hub Internasional Bitung dan Jalan Tol Manado–Bitung,” kata Darmin yang menjabat Ketua Dewan Nasional KEK.

(Baca: Darmin Evaluasi Syarat Izin Kawasan Ekonomi untuk Mitigasi Bencana)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...