Rudiantara Sebut Program Literasi Digital Perlu Dikaji Ulang

Cindy Mutia Annur
1 April 2019, 19:03
Rudi Antara
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Rudiantara Menteri Komunikasi dan lnformatika (Kebijakan Sektor Komunikasi dalam Era Digital untuk Mempercepat Pembangunan Ekonomi) dalam acara Outlook Perekonomian Indonesia di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, (8/1).

Riset Siberkreasi menyebutkan, 66,5 % remaja di Bandung, Denpasar, Pontianak, dan Surabaya mempelajari penggunaan teknologi digital secara autodidaktik. Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara pun menilai, program terkait literasi digital perlu dikaji ulang.

Survei tersebut dilakukan terhadap 2 ribu responden di empat kota pada September hingga November 2018. Responden yang terlibat dalam survei ini rerata berusia 13-18 tahun dan tengah menempuh pendidikan tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat. Survei ini digelar dalam rangka Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD).

Sejalan dengan hal itu, Rudiantara mengatakan bahwa program literasi digital saat ini belum efektif. “Tapi bukan berarti program-program yang sudah ada itu tidak bagus,” kata dia di kantornya, Jakarta, Senin (1/4). Untuk itu, menurutnya perlu ada kajian mendalam guna menetapkan literasi digital yang efektif.

(Baca: Tingkatkan Literasi Digital Perempuan, Kominfo Kembangkan Sisternet)

Literasi digital ini menjadi penting di tengah perkembangan teknologi saat ini. Apalagi, informasi palsu (hoaks) dengan leluasa beredar di internet. Di samping itu, literasi digital penting guna meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang teknologi.

Dewasa ini, menurutnya literasi digital adalah hal yang fundamental dan strategis. “Pemanfaatan teknologi digital juga untuk meningkatkan nilai tambah, misalnya untuk pengembangan startup dan sebagainya,” ujar Rudiantara. 

(Baca: Kementerian Kominfo Identifikasi 453 Hoaks Sepanjang Maret 2019)

Di samping itu, Kementerian Kominfo juga akan bekerja sama dengan perusahaan telekomunikasi untuk meningkatkan literasi digital. Misalnya, operator seluler mengirimkan pesan singkat terkait literasi digital kepada para pelanggannya minimal seminggu sekali.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...