Upaya Bekraf Angkat Sarung sebagai Produk Budaya di IFW 2019

Michael Reily
1 April 2019, 17:49
Model mengenakan busana rancangan Anna Budiman pada malam penutupan Indonesia Fashion Week (IFW) 2019 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Minggu (31/3/2019). Penyelenggaraan ke-8 ajang mode tahunan IFW 2019 resmi ditutup dengan peragaan bertema \"OPP
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Model mengenakan busana rancangan Anna Budiman pada malam penutupan Indonesia Fashion Week (IFW) 2019 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Minggu (31/3/2019). Penyelenggaraan ke-8 ajang mode tahunan IFW 2019 resmi ditutup dengan peragaan bertema \"OPPO Fashion Moment\" dari delapan perancang busana.

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) berupaya mengangkat citra sarung dalam Indonesia Fashion Week 2019. Selain nilai budayanya yang tinggi, sarung juga memiliki fungsi yang beragam, seperti dalam ritual ibadah, upacara adat, atau busana sehari-hari.

Kepala Bekraf Triawan Munaf menyatakan dukungan kepada 12 orang desainer yang kolaborasi bersama perajin lokal untuk tema Sarong Revisited. "Saya berharap kita semua dapat terus mendorong para pelaku fesyen untuk selalu melahirkan karya-karya pada standar kualitas yang kompetitif," kata Triawan dalam keterangan resmi, dikutip Senin (1/4).

Dia menyatakan, budaya dan tradisi lokal menjadi referensi desain para pelaku industri kreatif di Indonesia melalui IFW 2019. Sehingga, desainer mode dan busana mampu mengukir identitasnya di dunia fesyen dengan mencerminkan kekayaan Nusantara.

(Baca: Indonesia Fashion Week 2019 dan Semarak Fesyen Muslim Jelang Ramadan)

Dia berharap, IFW mampu menjadi wadah para desainer lokal untuk menampilkan karyanya. Apalagi, industri fesyen tengah berkembang secara pesat yang menarik berbagai kalangan.

Menurut Triawan, posisi sandang sebagai kebutuhan primer akan menjadi pendorong industri fesyen. "Harus memperhatikan nilai dan mutu artistik dari karya-karyanya dengan merangkul berbagai elemen penting dalam mata rantai industri fesyen," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...