Di Depan Ratusan Buruh, Jokowi Janji Revisi Aturan Tentang Upah

Dimas Jarot Bayu
9 April 2019, 15:27
jokowi kampanye buruh
Dimas Jarot Bayu/Katadata
Capres nomor urut 01 Joko Widodo saat menghadiri kampanye di hadapan ratusan buruh yang tergabung dalam Relawan Buruh 'Sahabat Jokowi' di Gedung Budaya Sabilulungan, Bandung, Jawa Barat, Selasa (9/4).

Calon Presiden (capres) nomor urut 01 Joko Widodo melakukan kampanye di hadapan ratusan buruh yang tergabung dalam Relawan Buruh 'Sahabat Jokowi' di Gedung Budaya Sabilulungan, Bandung, Jawa Barat, Selasa (9/4). Dalam kampanyenya itu, ia berjanji bakal merevisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015 tentang pengupahan, jika terpilih kembali pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Jokowi bakal membentuk tim khusus untuk membahas revisi PP Nomor 78 Tahun 2015 tersebut. Tim ini nantinya beranggotakan elemen pemerintah, Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) dan federasi serikat buruh lainnya. “Kami bicara bersama, duduk satu meja,” ujarnya di Bandung, Jawa Barat, Selasa (9/4).

(Baca: Tak Dukung Jokowi dan Prabowo, Kelompok Buruh Serukan Golput)

Pada kesempatan itu, ia berjanji akan membangun lebih banyak rumah murah bagi pekerja. Menurut dia, program ini terbukti efektif membantu para pekerja untuk mendapatkan hunian yang terjangkau. "Program ini nanti akan kami lanjutkan dalam jumlah yang lebih besar lagi. Setuju? Ini penting sekali,” kata dia.

Dia juga mempromosikan Kartu Prakerja kepada para buruh. Jokowi menjelaskan, kartu ini dapat digunakan oleh lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), akademi, perguruan tinggi, serta korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Nantinya, masyarakat yang memeroleh kartu ini akan diberi pelatihan supaya mendapatkan pekerjaan dengan lebih mudah. "Kalau belum bisa dapat kerja, akan diberi  insentif honor dengan kartu ini, sehingga mereka sampai pada dunia kerja," kata Jokowi.

(Baca: Ma’ruf Amin Jawab Kritik Prabowo Soal Kartu Prakerja)

Selain itu, Jokowi mempromosikan Kartu Sembako Murah kepada para buruh. Jokowi mengklaim, masyarakat bisa mendapatkan diskon besar saat membeli sembako jika menggunakan kartu ini. Dia berharap, masyarakat tak lagi kesulitan memberikan makanan yang bergizi kepada anaknya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...