Jokowi Janji Naikkan Anggaran Dana Desa di Hadapan Ribuan Kepala Desa

Michael Reily
10 April 2019, 19:31
Jokowi naikkan dana desa
Kris | Biro Pers Sekretariat Kepresidenan
Presiden Joko Widodo meninjau langsung pemanfaatan dana desa di Tuban, Jawa Timur, Senin (28/11)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji akan meningkatkan anggaran dana desa di hadapan ribuan kepala desa. Dia menyatakan pemerintah telah mengucurkan dana desa sebesar Rp 257 triliun sejak 2015.

Jokowi meminta para kepala desa untuk menggunakan anggaran dana desa secara tepat guna. "Saya pastikan ke depan akan naik terus anggarannya," katanya dalam Silaturahmi Nasional Pemerintahan Desa Indonesia di Stadion Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Rabu (10/4).

Dia menjelaskan, anggaran terus meningkat setiap tahun. Rinciannya, penyaluran pada 2015 sebesar Rp 20 triliun, 2016 (Rp 47 triliun), 2017 (Rp 60 triliun) 2018 (Rp 60 triliun) dan anggaran 2019 (Rp 70 triliun).

(Baca juga: Sri Mulyani Paparkan Hasil Penyaluran Dana Desa Selama 4 Tahun)

Menurut Jokowi, dana desa telah digunakan untuk pembangunan infrastruktur perdesaan seperti jalan 191 ribu kilometer, jembatan 1,1 juta meter, gedung pendidikan anak usia dini 50 ribu unit, hampir 9 ribu pasar desa, serta embung dan irigasi.

Dia juga berharap penggunaan dana desa terarah kepada pengadaan dari dalam desa seperti material bangunan dan tenaga kerja. "Pastikan agar uang selalu berputar di desa, meskipun lebih mahal beli di desa sendiri," ujar Jokowi.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...