Hari Ini Jokowi Gerilya Politik ke Jawa Barat, Prabowo Dekati Advokat

Penulis: Dimas Jarot Bayu

Editor: Muchamad Nafi

11/4/2019, 10.09 WIB

Pada Pilpres 2014, perolehan Jokowi tertinggal dari Prabowo di Jawa Barat. Kini, Jokowi mentargetkan meraih 60 % suara.

Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo akan bekampanye di Sukabumi, Depok, dan Bogor, Jawa Barat, Kamis (11/4). Sementara Prabowo direncanakan menghadiri Deklarasi Aliansi Advokat Indonesia Bersatu untuk Prabowo-Sandi.
ANTARA FOTO/Feny Selly
Calon Presiden nomer urut 01 Joko Widodo berorasi pada kampanye terbuka di Palembang,Sumsel, Selasa (2/4/2019). Kampanye Capres 01 ini dihadiri ribuan pendukung dari berbagai kabupaten dan kota di Provinsi Sumsel.

Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo akan berkampanye di Sukabumi, Depok, dan Bogor, Jawa Barat, Kamis (11/4). Dia memulai aksi di Gedung Plut, Cikembar, Sukabumi pada pukul 09.00 WIB.

Setelah itu, mantan Wali Kota Solo itu menuju Depok untuk melanjutkan kampanye terbuka, tepatnya di Hotel Bumi Wiyata, Margonda, Depok. Sebelumnya, Jokowi menargetkan perolehan suara di Jawa Barat pada Pilpres 2019 lebih tinggi dari 2014. “Setelah melihat antusias, saya yakin di atas 60 %,” kata Jokowi di Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (9/4).

Sementara itu, hari ini, calon wakil presiden nomor urut 02 Ma'ruf Amin juga bergerilya ke wilayah Bogor. Ma'ruf hendak menggelar konsolidasi tertutup sekaligus menghadiri Haul Mama Uu Saefuddin di Pondok Pesantren Mama Uu, Cijeruk, Bogor sekitar pukul 14.00 WIB.

(Baca: Hari Ini Prabowo Kampanye di Solo, Jokowi Resmikan Tol di Probolinggo)

Seusai acara, tokoh Nahdlatul Ulama ini kembali ke kediamannya di Jalan Situbondo, Jakarta. Ketua Umum (non-aktif) MUI tersebut akan menerima 100 influencer dan beberapa artis, seperti Tompi, Addie MS, dan Giring Ganesha.

Jawa Barat merupakan salah satu wilayah di mana Jokowi mengalami kekalahan pada Pilpres 2014. Ketika berdampingan dengan Jusuf Kalla, Jokowi hanya mendapatkan 9,53 juta suara atau 40,22 %.

Elektabilitas Jokowi-JK di Jawa Barat pada Pilpres 2014 kalah 4,64 juta suara dibandingkan pesaingnya saat itu, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, yang memperoleh 14,17 juta suara atau 59,78 %. Raihan suara Prabowo di Tanah Pasundan ini sekitar 10 % dari total suara pada Pilpres 2014.

Adapu Prabowo, hari ini direncanakan menghadiri Deklarasi Aliansi Advokat Indonesia Bersatu untuk Prabowo-Sandi di Balai Kartini, Jakarta. Acara tersebut bakal dipimpin oleh advokat Otto Hasibuan.

Wakilnya, Sandiaga Uno, bakal menghadiri kampanye akbar di Sukabumi dan Cianjur, Jawa Barat. Pada pagi hari, Sandiaga melakukan kampanye terbuka di Jalur Panjang, Sukabumi.

(Baca: Jelang Pilpres, Iklan Kampanye Jokowi Lebih Banyak dari Prabowo)

Siang harinya, dia bersilaturahim dengan tokoh masyarakat dan salat zuhur di Pondok Pesantren An Nidzom, Sukabumi. Sandiaga kemudian bertolak untuk berkampanye di Gedung Herlina Mutiara, Cianjur.

Seusai kampanye, dia diagendakan bersilaturahim dengan pimpinan Pondok Pesantren At-Taqwa Cikidang, Cianjur. Dia juga akan bertemu Ketua MUI Cianjur Abdul Halim di Pondok Pesantren Al-Muthmainnah. Malam harinya, Sandiaga bakal menghadiri Tabligh Akbar Ijtimak Ulama di Lapang Bojong, Cibeber.

Reporter: Dimas Jarot Bayu

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan