Survei Final SMRC: Pakai 4 Metode, Jokowi Ungguli Prabowo

Michael Reily
12 April 2019, 14:17
pilpres, pilpres 2019, survei smrc, smrc, jokowi, prabowo
KATADATA/ARIEF KAMALUDDIN
Pilpres 2019

Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) merilis hasil survei final elektabilitas calon presiden dan calon wakil presiden antara Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno. Hasilnya, elektabilitas Jokowi-Amin 56,8 persen, lebih unggul daripada Prabowo-Sandi yang hanya 37 persen.

Survei berlangsung pada 5 hingga 8 April 2019, dengan sampel 2.568 responden. Jumlah responden melalui wawancara secara sah sebesar 2.285 atau 89 persen, serta margin of error plus minus 2,1 persen. Selain itu, tingkat kepercayaan terhadap masyarakat mencapai 95 persen.

Direktur Riset SMRC Deni Irvani menyatakan tren dukungan Jokowi-Amin relatif stabil dengan perubahan yang kecil. Sementara itu, dukungan kepada Prabowo-Sandi mengalami perubahan positif dalam beberapa waktu terakhir. "Kami tafsirkan Prabowo-Sandi mengambil pemilih yang masih belum menegaskan pilihan," kata Deni di Jakarta, Jumat (12/4).

(Baca: Ramainya Peserta Kampanye Tak Bisa Jadi Alat Ukur Kemenangan Pilpres)

Berdasarkan survei SMRC pada Februari 2019, Jokowi-Amin mendapat elektabilitas 57,6 persen dan keterpilihan Prabowo-Sandi  31,8 persen. Kemudian, tingkat pemilih yang belum tegas (kriteria yang menjawab tidak tahu atau rahasia) pada periode itu mencapai 10,6 persen, lalu menurun menjadi 6,3 persen pada survei April 2019.

Deni mengungkapkan jumlah pemilih yang belum tegas bakal mempengaruhi hasil pemilihan akhir. Prediksi SMRC melalui metode survei bipolar, Jokowi-Amin bakal mencapai 58,2 persen dan Prabowo-Sandi sebesar 41,8 persen melalui pembagian undecided voters.

SMRC juga menemukan jumlah pemilih yang mungkin melakukan peralihan pilihan (swing voters) untuk kedua pasangan sebesar 10,9 persen dengan rincian Jokowi-Amin 6,4 persen dan Prabowo-Sandi 4,5 persen. Sehingga, total dukungan kuat untuk Jokowi-Amin mencapai 50,4 persen dan Prabowo-Sandi pada level 32,5 persen.

(Baca: Jelang Pilpres, Iklan Kampanye Jokowi Lebih Banyak dari Prabowo)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...