Jika Tak Ada Kejutan, PDIP dan Gerindra Bisa Ambil Posisi Dua Besar

Ameidyo Daud Nasution
13 April 2019, 17:44
Pemilu 2019, PDIP, Gerindra
ANTARA/OKY LUKMANSYAH
Ilustrasi Partai Peserta Pemilu 2019

Charta Politika mulai berani memastikan dua partai, yakni PDI Perjuangan (PDIP) dan Partai Gerindra (Gerindra), akan menjadi partai dua besar dalam Pemilihan Umum 2019 (Pemilu 2019) mendatang. Hal ini dikatakan Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya saat memaparkan hasil survei terbaru di Jakarta, Sabtu (13/4).

Survei terbaru Charta dilakukan kepada 2.000 responden dengan sampel acak, dengan metode penarikan sampel acak bertingkat (multistage random sampling). Survei yang dilakukan sejak tanggal 5-10 April ini memiliki margin of error 2,19% pada tingkat kepercayaan 95%.

Dalam survei tersebut, PDIP mendapatkan perolehan suara responden tertinggi dengan 24,1%, Gerindra berada di tempat kedua dengan 14,9% suara. Dengan menghitung potensi penambahan dan pengurangan 2,19% maka dua partai ini diprediksi akan berada di posisi dua besar dengan nyaman. Apalagi kalau dalam sisa waktu ini tak ada kejadian signifikan. "Saya pastikan kalau tidak ada kejadian besar, PDIP dan Gerindra jadi yang terbesar," kata Yunarto.

(Baca: Indopolling Prediksi Hanya Enam Parpol Lolos ke Parlemen)

Sedangkan Golkar mendapatkan elektabilitas 11,4% disusul Partai Kebangkitan Bangsa dengan 8,4% keterpilihan responden. Yunarto juga mengatakan tiga partai yakni Nasdem, Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) berada di posisi berdekatan denban elektabilitas 6,8%, 6,6%, dan 6,4%.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...