Hasil Quick Count Sesuai Harapan Pasar, Obligasi Jadi Incaran Investor

Happy Fajrian
17 April 2019, 19:10
Potensi Pasar Modal
ANTARA FOTO/Agung M Rajasa

Bahana TCW Investment Management menilai hasil hitung cepat (quick count) pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2019 sudah sesuai dengan ekspektasi pasar. Ditambah dengan kondisi ekonomi nasional yang membaik, pasar obligasi Indonesia tahun ini masih akan menjadi incaran investor.

Hingga pukul 18.30, hasil hitung cepat berbagai lembaga survei menunjukkan perolehan suara pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin mengungguli perolehan suara pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, dengan median perolehan suara 55,42% berbanding 45,79%.

"Mata uang rupiah terjaga terhadap dolar AS, inflasi cukup terkendali serta sentimen hasil quick count pemilu yang sesuai ekspektasi membuat pasar obligasi kita masih dilirik investor," ujar Direktur Strategi Investasi dan Kepala Makroekonomi Bahana TCW Investment Management Budi Hikmat ketika dihubungi Antara di Jakarta, Rabu (17/4).

Budi menambahkan perhatian pemerintah untuk memperbaiki defisit neraca berjalan turut direspon positif pasar. Perbaikan defisit menjadi faktor yang kuat bagi pasar SBN (surat berharga negara), disertai dengan sikap The Fed yang cenderung dovish.

(Baca: Hasil Hitung Cepat Sementara Memenangkan Jokowi, Pasar Respons Positif)

"Sikap The Fed yang cenderung dovish membuka peluang bagi Bank Indonesia (BI) untuk menurunkan suku bunga pada 2019. Kalau suku bunga BI diturunkan, pasar obligasi kita akan semakin menarik bagi investor," ujar Budi.

Menurut Budi, dengan suku bunga yang berpotensi turun, likuiditas akan semakin bagus dan investor asing akan menambah porsi kepemilikannya pada obligasi. Selain itu, minat investor terhadap kepemilikan obligasi juga tidak lepas dari predikat investasi Indonesia yang berada di level investment grade (layak investasi).

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...