Demi Meikarta Fase 1 Selesai Tahun Ini, Lippo CIkarang Akan Jual Saham

Image title
18 April 2019, 15:59
proyek meikarta, lippo group, lippo cikarang, bursa saham, right issue
Arief Kamaludin | KATADATA
Tulisan tanda proyek Central Park pada hunian Meikarta di Cikarang, Jabar, Jumat, (19/10/2018)

PT Lippo Cikarang Tbk menargetkan tahap pertama pembangunan megaproyek Meikarta rampung akhir tahun ini. Pembangunan tersebut terdiri dari 28 tower di atas lahan seluas 84 hektare.

Direktur Lippo Cikarang Hong Kah Jin mengatakan, perusahaan akan melakukan aksi korporasi demi mendapatkan dana untuk menggenjot pembangunan. Salah satunya, dengan cara menambah modal melalui skema hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) alias right issue dengan nilai maksimal US$ 200 juta atau sekitar Rp 2,81 triliun (kurs: Rp 14.050 per dolar AS).

Hong Kah Jin menyebut akan menggunakan seluruh dana dari aksi korporasi tersebut untuk menyuntikan modal ke pembangunan proyek Meikarta. "Dengan perolehan dana, kami akan push proyeknya selesai lebih cepat," kata Hong Kah Jin ketika ditemui usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Jakarta, Kamis (18/4).

(Baca: Lippo Karawaci Bidik Pendanaan Rp 14,5 T, Salah Satunya untuk Meikarta)

Sayangnya, dia belum bisa menjabarkan berapa jumlah saham baru yang bakal diterbitkan melalui rights issue. Dia hanya menyebut, seluruh saham yang akan diterbitkan memiliki nominal Rp 500 per saham. "Kami akan melakukan pendaftaran ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) secepatnya," ujarnya.

Dalam rapat tersebut, perusahaan mengantongi izin pemegang saham untuk melakukan rights issue dan tidak membagikan dividen dari laba bersih perusahaan 2018 senilai Rp 2,15 triliun. Keputusan tersebut diambil dengan pertimbangan keberlanjutan pembangunan proyek Meikarta.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...