Kartu 'Sakti' Jokowi Sumbang Kemenangan Versi Hitung Cepat

Rizky Alika
18 April 2019, 12:31
kartu sakti Jokowi sumbang kemenangan Pilpres
ANTARA FOTO/Idhad Zakaria
Presiden Joko Widodo meminta pelajar menunjukkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) di SMA Negeri 2 Purwokerto, Jawa Tengah, 16 Juni 2017.

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menghitung pasangan calon presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul 55,44% dari Prabowo-Sandiaga Uno yang memperoleh suara 44,56%. Kemenangan Jokowi tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya kebijakan aneka kartu sakti yang digadang calon petahana.

Peneliti LSI Denny JA Fitri Hari mengatakan kemenangan Jokowi didorong oleh enam kebijakan yang telah dilaksanakan selama masa pemerintahannya sejak 2014 lalu. "Kebijakan yang paling disukai responden ialah Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sebesar 93,4%," kata Fitri di Jakarta, Rabu (18/4).

Kemudian, sebanyak 93,6% responden menyukai program Kartu Indonesia Pintar (KIP). KIP merupakan kartu yang diberikan kepada masyarakat tidak mampu untuk membeli peralatan sekolah, seperti buku dan seragam.

(Baca: Hasil Hitung Cepat Memenangkan Jokowi, IHSG Meroket ke Level 6.636,36)

Selain itu, Program Keluarga Harapan (PKH) disukai oleh responden sebanyak dengan tingkat kesukaan 92,2%. Program yang disukai lainnya ialah pembangunan infrastruktur, penyaluran dana desa, dan beras sejahtera (rastra) dengan tingkat kesukaan masing-masing sebesar 92,8%, 92,6%, dan 90,8%.

Secara umum, kata Firtri responden cukup puas dengan kebijakan pemerintahan Jokowi. Sebanyak 69,5% hasil survei menyatakan kepuasannya, sementara 25,5% tidak puas, dan 4,9% tidak tahu atau tidak menjawab.

"Mayoritas masyarakat pemilih cukup puas untuk kinerja Jokowi," kata Fitri. Penilaian tersebut mengacu pada hasil survey LSI Denny JA dilakukan sepekan menjelang pemilihan presiden (pilpres).

Kebijakan kartu sakti kerap diunggulkan Jokowi-Maruf dalam debat Pilpres 2019. Berseberangan dengan Jokowi, Prabowo-Sandi mengagendakan satu kartu untuk beragam kebutuhan masyarakat bawah. 

(Baca: Ma’ruf Amin Jawab Kritik Prabowo Soal Kartu Prakerja)

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...