Saingi Uber, Sony Rilis Layanan Aplikasi Online Pesan Taksi di Jepang

Desy Setyowati
18 April 2019, 15:03
Taksi Uber
Donang Wahyu|KATADATA

Perusahaan elektronik asal Jepang, Sony mendirikan perusahaan patungan bernama Minna no Taxi Corporation yang menyediakan aplikasi online untuk pemesanan taksi (cab-hailing). Aplikasi tersebut diberi nama S.Ride dan baru saja meluncur di Jepang.

Minna no Taxi -- yang berarti taksi untuk semua orang -- merupakan perusahaan kolaborasi Sony Payment Service, Sony Corp dan enam perusahaan taksi, di antaranya Daiwa dan Kokusai. Keduanya merupakan perusahaan taksi terbesar di Tokyo, Jepang.

Mengutip Engadget.com,, aplikasi cab-hailing berkembang seiring dilarangnya aplikasi mencari tumpangan mobil pribadi (ride-hailing) di Negeri Sakura.

Perusahaan Minna no Taxi didirikan pada tahun lalu. “S.Ride menyediakan lebih dari 10 ribu armada taksi,” demikian tertulis dalam siaran pers perusahaan yang dikutip The Verge, Senin (15/4).

(Baca: Teknologi Informasi yang Mengubah Bisnis Ojek)

Kehadiran Sony menggairahkan persaingan di bisnis layanan semacam ini. Di Jepang, salah satu aplikasi sejenis yang populer bernama JapanTaxi yang dikelola Ketua Federasi Taksi di Jepang, CEO Nihon Kotsu Inchiro Kawanabe. 

Selain itu, ada aplikasi milik Uber. Sejauh ini, layanan Uber baru menawarkan mobil premium, namun mulai menjajaki kolaborasi dengan perusahaan taksi.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...