BCA Siapkan Dana Rp 1 Triliun untuk Akuisisi Bank Royal

Hari Widowati
22 April 2019, 18:56
HUT BCA
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Suasana BCA Expo di ICE, BSD. BCA berencana mengakuisisi dua bank kecil sebagai bagian dari konsolidasi perbankan.

PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) akan mengucurkan dana Rp 1 triliun untuk mengakuisisi PT Bank Royal. Bank tersebut akan menjadi anak usaha BCA yang difokuskan untuk layanan perbankan di segmen tertentu.

Sekretaris Perusahaan BCA Jan Hendra mengatakan, perseroan dan anak usahanya PT BCA Finance telah menandatangani perjanjian jual beli saham bersyarat dengan pemegang saham Bank Royal pada 16 April 2019. BCA dan BCA Finance akan membeli 2.872.000 saham atau 100% saham Bank Royal dari PT Royalindo Investa Wijaya, Leslie Soemedi, Ibrahim Soemedi, Herman Soemedi, Nevin Soemedi, dan Ko Sugiarto.

"Nilai maksimum transaksi Rp 1 triliun," kata Jan Hendra dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (22/4). Penyelesaian rencana transaksi akan tunduk pada persyaratan pendahuluan yang telah disepakati pembeli dan penjual dalam perjanjian. Selain itu, transaksi ini juga menunggu persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Menurut BCA, akuisisi ini merupakan bagian dari upaya perseroan mendukung program arsitektur perbankan Indonesia dan pengembangan bisnis perbankan perseroan. Bank Royal akan menggarap segmen tertentu yang selama ini belum tergarap oleh BCA. Selain itu, perseroan juga bisa menawarkan diferensiasi produk dan layanan perbankan melalui Bank Royal.

"Informasi atau fakta material yang diungkapkan tidak memiliki dampak material terhadap kelangsungan usaha perseroan," kata Jan Hendra. Setelah transaksi selesai, Bank Royal akan menjadi anak usaha BCA secara langsung maupun tidak langsung. Laporan keuangan Bank Royal nantinya juga akan dikonsolidasikan ke dalam laporan keuangan BCA.

(Baca: Rencana BCA Akuisisi Bank Kecil Mundur karena Masalah Harga)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...