Pembangunan Infrastruktur Tidak Akan Kendor Meski SDM Jadi Fokus

Dimas Jarot Bayu
22 April 2019, 18:45
pembangunan infrastruktur, program vokasi
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Ilustrasi proyek pembangunan infrastruktur.

Meski fokus ke depan adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM),  pemerintah memastikan bahwa pembangunan infrastruktur pada 2020 tetap berjalan. Bahkan, pembangunan infrastruktur diperkirakan akan bertambah tahun depan.

"Detilnya nanti, tapi intinya adalah membesar (proyek-proyek pembangunan infrastruktur)," kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro usai Rapat Terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (22/4).

Bambang mengatakan, pembangunan infrastruktur akan diarahkan kepada infrastruktur dasar, seperti air bersih, sanitasi, irigasi, dan jalan. Menurut Bambang, pembangunan infrastruktur dasar dilakukan karena akan berimbas langsung kepada peningkatan kualitas SDM.

(Baca: Jokowi Minta APBN 2020 Jadi Stimulus Ekspor dan Investasi)

Pembangunan infrastruktur dasar bakal menggunakan dana dari APBN, sementara pembangunan infrastruktur skala besar akan didorong melalui skema non-APBN, seperti Kerja Sama Pemerintah-Badan Usaha (KPBU).

Dengan begitu, Bambang menilai anggaran yang bakal digelontorkan pemerintah untuk pembangunan infrastruktur belum tentu membesar. "Karena pembangunan infrastruktur tidak hanya berasal dari APBN, tapi banyak yang didorong melalui skema di luar APBN," kata Bambang.

Terkait alokasi anggaran untuk pembangunan infrastruktur tahun depan, Bambang mengatakan pemerintah belum secara rinci menentukan besarannya. Saat ini, pemerintah baru menentukan perkiraan kasar dari anggaran yang dibutuhkan.

Terkait dengan pengembangan kualitas SDM, pemerintah berencana menggenjot program vokasi mulai tahun 2020. Bambang mengatakan, program vokasi nantinya tidak hanya didorong melalui jalur pendidikan, tapi juga melalui pelatihan-pelatihan vokasi untuk masyarakat.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...