Facebook Terapkan 3 Langkah untuk Kurangi Penyebaran Konten Negatif

Cindy Mutia Annur
23 April 2019, 11:06
langkah Facebook atasi konten negatif
123RF.com
Ilustrasi logo Facebook. Ada tiga langkah perusahaan ini mengatasi penyebaran konten negatif.

Media sosial Facebook menggunakan tiga langkah untuk mengatasi penyebaran konten negatif di platformnya. Tiga langkah tersebut  yakni menghapus (remove), mengurangi (reduce), dan menginformasikan (inform). Ketiga langkah tersebut dinilai berdasarkan aturan yang diperbolehkan ataupun tidak dibagikan di platfrom tersebut alias Standar Komunitas Facebook.

Manager News Partnership Facebook Indonesia Alice Budisatrijo mengatakan, perusahaannya tengah berfokus mengatasi konten negatif di platformnya melalui Beranda atau News Feed. “Karena sebagian orang melihat konten melalui News Feed,” kata Alice di One Pacific Place, Jakarta, Senin (22/4).

Advertisement

(Baca: Gangguan Atas Facebook, Instagram, dan Whatsapp Terjadi di Tiga Benua)

Alice menjelaskan, pada langkah remove, semua konten yang melanggar Standar Komunitas Facebook akan dihapus oleh perusahaannya. Sementara, pada langkah reduce, konten yang belum tentu melanggar Standar Komunitas Facebook namun memuat konten negatif yang tidak diinginkan penyebarannya meluas di Facebook, seperti kabar bohong atau disinformasi.

Dalam mengatasi kabar bohong, Facebook menggandeng sejumlah pemeriksa fakta pihak ketiga untuk memeriksa disinformasi tersebut. “Kami kurangi distribusinya di News Feed, sehingga walaupun masih ada di Facebook tetapi sedikit sekali yang bisa melihat,” ujar Alice.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement