Genjot Produksi Lokal, Kementan Perluas Sentra Produksi Bawang Putih 

Image title
Oleh Ekarina
25 April 2019, 09:24
Sentra Produksi Bawang Putih, Impor Bawang Putih, Kementerian Pertanian
ANTARA FOTO/Jojon
Ilustrasi bawang putih.

Kementerian Pertanian berencana memperluas sentra produksi bawang putih. Langkah ini bertujuan untuk mencapai target swasembada pada 2021. 

Salah satu wilayah yang tengah dibidik menjadi sentra produksi yaitu di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.  "Kami meninjau ada 25 hektare yang ditanam untuk disiapkan menjadi benih. Ke depan, areal budidayanya akan dikembangkan lebih luas. Sukabumi ini sangat prospek untuk budidaya bawang putih,” kata Dirjen Hortikultura, Kementan, Suwandi, kemarin (25/4).

Pengembangan bawang putih di Sukabumi ini merupakan implementasi mengejar target swasembada di 2021. Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi bersama pelaku usaha yakni PT Agri Muda Indonesia mulai melakukan bawang putih.

(Baca: Kemendag Buka Keran Impor Bawang Putih untuk 7 Importir)

Selain itu, pemerintah juga mewajibkan importir bawang putih memproduksi 5% dari total pengajuan rekomendasi impor untuk menggenjot pasokan dalam negeri.

”Pada 2018 kami sudah menanam 11 ribu hektare, sedangkan tahun ini  akan ada  20 sampai 30 ribu hektare, naik 2 sampai 3 kali lipat dari luas yang ada,” ujarnya.

Menurut Suwandi, untuk memenuhi konsumsi dalam negeri dibutuhkan 69 ribu hektare lahan dengan total kebutuhan bawang putih nasional 550 hingga 600 ribu ton per tahun. Saat ini seluruh produksi akan dijadikan benih dan ditargetkan sampai dengan 2021 luas penanaman akan mencapai 90 hingga 100 ribu hektare, dengan produktifitas 8,9 ton per hektare.

“Wilayah pertanaman sudah mencakup 110 kabupaten termasuk di Jawa Barat yaitu Sukabumi, Cianjur, Bandung, Garut dan Majalengka. Daerah- daerah ini agroklimatnya mendukung untuk pertanaman bawang putih,” ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...