Mulai 1 Mei 2019, Maskapai Berbiaya Murah Pindah ke Terminal 2F Soetta

Sorta Tobing
26 April 2019, 09:35
maskapai pesawat yang pindah ke terminal 2F Soekarno-Hatta, low cost carrier, penerbangan berbiaya murah, LCC, Lion Air, Air Asia, Citilink, Jetstar.
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi pesawat Lion Air. Mulai 1 Mei 2019, PT Angkasa Pura II akan mulai mengoperasikan terminal khusus untuk penerbangan berbiaya murah (LCC) di Terminal 2F Bandara Soekarno-Hatta, Banten. Maskapai yang akan pindah ke terminal itu adalah AirAsia rute internasional, Lion Air Group, Jetstar, dan Cebu Pacific. Citilink dan Tiger Scoot akan menyusul ke Terminal 2F, tapi belum ditentukan waktu pastinya.

Terminal 2F Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) akan beroperasi sebagai low-cost carrier terminal (LCCT) pada 1 Mei 2019. Terdapat delapan maskapai berbiaya murah atau low-cost carrier yang melayani rute internasional di terminal itu.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhamad Awaluddin mengatakan LCC Terminal 2F membuat Soekarno-Hatta bisa lebih memperluas konektivitas dan pangsa pasar, khususnya di segmen penerbangan berbiaya murah.

Advertisement

“Segmen LCC tumbuh cukup pesat di seluruh dunia termasuk Asia Tenggara. Soekarno-Hatta bersiap untuk meraih pasar itu,” ujar Muhammad Awaluddin dalam siaran pers hari ini, Jumat (26/4).

(Baca: Bandara Soekarno-Hatta Catatkan Ketepatan Waktu 93,8%)

Seiring dengan recana tersebut beberapa maskapai yang akan melakukan relokasi operasional, yaitu:

  • AirAsia rute internasional pindah dari Terminal 2D ke 2F mulai 1 Mei 2019.
  • Cebu Pacific pindah dari Terminal 2D ke 2F mulai 1 Mei 20019.
  • Lion Air Group, yaitu Lion Air, Thai Lion, dan Malindo, rute internasional pindah dari Terminal 2D ke 2F mulai 1 Mei 2019
  • Jetstar Asia pindah dari Terminal 3 ke 2F mulai 15 Mei 2019
  • Sriwijaya Air pindah dari Terminal 2F ke 2D mulai 1 Mei 2019
  • AirAsia rute domestik pindah dari Terminal 2F ke Termina 2D/E mulai 1 Mei 2019
  • Maskapai Citilink dan Tiger Scoot akan menyusul ke Terminal 2F. Namun, belum ditentukan waktu pastinya.

Jumlah penumpang LCC khusus rute internasional di Soekarno-Hatta pada 2018 mencapai sekitar 30% dari total penumpang rute internasional 15,5 juta orang. Penumpang segmen ini masih akan tumbuh. Pada periode 1 Januari-24 April 2019 tercatat 1,34 juta orang atau naik hampir 2% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement