Kementerian Pariwisata Gandeng Booking.com, Incar Turis Asing

Michael Reily
29 April 2019, 10:47
Wisatawan beraktivitas di Pantai Geger, Nusa Dua, Bali, Kamis (2/3/2017)
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Wisatawan beraktivitas di Pantai Geger, Nusa Dua, Bali, Kamis (2/3/2017)

Kementerian Pariwisata menjalin kerja sama dengan Booking.com sebagai agen tiket online terbesar dunia untuk promosi Wonderful Indonesia. Target utama kemitraan adalah pengunjung dari Jerman, Inggris, Prancis, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Thailand, dan Taiwan.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Kementerian Pariwisata Nia Niscaya menjelaskan, Booking.com mencakup lebih dari 28 juta fasilitas akomodasi di dunia. "Kemitraan akan menunjukkan praktik terbaik global dalam pemasaran digital untuk mendukung pengembangan akomodasi lokal dan pariwisata," kata Nia, dikutip Senin (29/4).

Dia menjelaskan, kerja sama ini diharapkan dapat membantu pemerintah untuk mencapai target 20 juta wisatawan mancanegara pada tahun 2019. Apalagi, sektor pariwisata menjadi sektor unggulan Indonesia dengan sasaran devisa Rp 280 triliun dan penyerapan tenaga kerja mencapai 13 juta orang.

(Baca: Menko Darmin: Menhub Serahkan Masalah Tiket Pesawat ke Kami)

Nia menambahkan, akses pemasaran secara digital bakal membantu peningkatan jumlah pengunjung, tetapi salurannya mesti tepat seperti kerja sama dengan pelaku usaha global. "Untuk memaksimalkan sektor pariwisata, kami juga telah memperkenalkan Go Digital Tourism sejak 2017," ujarnya.

Direktur Pelaksana Booking.com Asia Pasifik Angel Llull Mancas mengungkapkan, Booking.com memiliki potensi supaya para pengguna mampu menjelajahi dunia. Apalagi, platform pemasaran digital membuka pengguna skala global dengan mitra akomodasi mencapai jutaan unit secara keseluruhan.

Angel menyebutkan sektor pariwisata Indonesia sedang tumbuh sehingga peluang peningkatannya masih besar. Menurutnya, penerapan praktik digital akan menguntungkan semua pihak, wisatawan mancanegara serta pebisnis lokal.

(Baca: Tiket Pesawat Mahal, Okupansi Hotel Januari-April Anjlok hingga 40%)

Dia menuturkan kemitraan antara Booking.com dan Kementerian Pariwisata juga bakal berdampak positif terhadap pariwisata internasional. "Kami berharap kemitraan akan membantu menciptakan industri akomodasi digital dengan kapabilitas tinggi di Indonesia," kata Angel.

Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...